Instalasi Cura 4.2.1 di Ubuntu 18.04

Salah satu perangkat lunak slicer yang biasa digunakan pada berbagai printer 3D adalah Ultimaker Cura. Saat ini versi stabil paling baru dari Cura adalah versi 4.2.1. Selain disokong oleh pabrikan Ultimaker, software slicer Cura juga mendapat dukungan dari komunitas pengguna printer 3D sehingga menjadikannya sebagai software slicer paling dikenal. Pada bagian ini, akan dibahas bagaimana cara instalasi Cura 4.2.1 di Ubuntu 18.04 sedangkan beberapa fitur baru yang disematkan pada software ini sudah dibahas pada bagian lain di blog ini.

Cara Intalasi Cura di Ubuntu 18.04

Pada Ubuntu versi 18.04 dan versi lainnya, instalasi sebuah software baru biasanya pengembang aplikasi telah menyediakan archive-nya untuk didownload, dengan fasilitas yang disebut sebagai Personal Package Archives (PPA), sehingga pengguna bisa dengan mudah melakukan download dan install aplikasi secara ringkas. Namun pada tutorial kali ini, tidak dilakukan melalui PPA tapi langsung download dari website yang sudah disediakan. Dan kemudian dilakukan management package yang diperlukan terhadap hasil download tersebut kemudian jalankan. Penulis menilai ini merupakan langkah termudah tanpa harus rumit lagi memikirkan dependensi file yang timbul pada saat instalasi.

Langkah-langkah Insalasi :

Download source package cura di website yang sudah disediakan, melalui command line dari console atau download dari website langsung.
wget https://download.ultimaker.com/current/Cura-4.2.1.AppImage

Pindahkan package hasil download ke direktori /bin, dengan command sebagai berikut: sudo mv Cura-4.2.1.AppImage /usr/bin/cura dan ubah pakacge menjadi executable file dengan command : sudo chmod +x /usr/bin/cura.

Kemudian jalankan aplikasi cura dengan command cura dari command, prompt, maka akan muncul aplikasi cura untuk pertama kali. Ikuti semua perintah yang ada sehingga muncul laman utama cura.

Selamat mencoba.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *