printer 3D CreatBot F430

Printer 3D CreatBot F430, Bisa Beroperasi Pada Suhu Hingga 420°C

Printer 3D dalam pengoperasiannya adalah dengan memanaskan filamen dalam suatu nozel yang dapat bergerak, dan setelah filamen meleleh, akan diletakan dalam suatu tatakan (flatform). Dimana pergerakan nozel akan diatur berdasarkan software tertentu hingga cetakan filament dalam platform membentuk benda sesuai dengan model yang sudah ditentukan. Perkembangan teknologi yang diterapkan dalam printer 3D memungkinkan penggunaan berbagai jenis filamen sesuai dengan kebutuhan. Dengan kemampuan nozel yang bisa bertahan di suhu tinggi, maka kualitas hasil pencetakan dapat ditingkatkan sesuai dengan filamen yang digunakan. Printer 3D CreatBot F430 merupakah salah satu printer yang bisa beroperasi pada suhu tinggi.

CreatBot F430 adalah printer 3D produksi Henan Suwei Electronic Technology Co., LTD. yang diklaim sebagai printer 3D pertama yang mampu mendukung suhu pengoperasian hingga 420°C, dimana suhu standar pengoperasian printer 3D adalah hinga 260°C. Dengan kemampuan beroperasi pada suhu 420°C, akan semakin mendekati kualitas standar industri dan biasanya filamen yang digunakan adalah berjenis PEEK. Namun untuk diseting hingga 420°C, pihak vendor menyarankan kepada customer untuk menghubungi pihak CreatBot terlebih dahulu. Printer 3D CreatBot F430 dilengkapi dengan dua extruder yang memungkinkan penggunaan berbagai jenis filamen.

Dibawah ini adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh Printer 3D CreatBot F430.

1. Presisi & Kecepatan Tinggi

CreatBot F430 telah dikembangkan berdasarkan penelitian yang intensif untuk dapat beroperasi dengan kecepatan tinggi namun memiliki presisi yang tinggi pula yaitu dengan diterapkannya sistem pegumpan extrude dan rel pemandu. Akurasi pencetakannya dapat mencapai hingga 0,04mm dengan kecepatan hingga 120mm/s dan memungkinkan untuk mengekstrusi filamen dengan stabil tanpa blok.

2. Stabilitas
Sasis CreatBot F430 dibangun dengan menggunakan baja yang rigid. Penggunaan baja ini mampu menghasilkan stabilitas pengoperasian dan memperpanjang usia pengoperasian printer 3D. Printer CreatBot dapat dioperasikan hingga 5 tahun dan lebih dari 8000 jam.

3. Ruang Pencetakan Tertutup Penuh
Ruang pencetakan yang didesain tertutup sepenuhnya dapat memblokir semua gangguan eksternal dan mengurangi kebisingan. Ruang panas dapat memberikan suhu ruang yang konstan sehingga model tidak akan berubah saat mencetak.

4. Pendeteksian Posisi Cetak Saat Tiba-tiba Power outage
Printer akan secara otomatis menghafal posisi terakhir dan menyimpan data cetak dimana platform akan menurun secara otomatis begitu juga dengan filamen ditarik secara otomatis jika secara tiba-tiba listrik/power berhenti mendadak. Dan akan meneruskan proses pencetakan dimulai dari titik berhenti terakhir setelah daya dihidupkan. Printer akan menghindari pencetakan yang tidak valid dengan menghentikan cetak dan peringatan ketika filamen habis.

5. Layar sentuh
Printer ini memiliki layar sentuh semua-bahasa Inggris yang mudah dioperasikan dan digunakan dengan ramah. Salah satu kunci untuk menghangatkan, satu kunci untuk dicetak serta banyak tombol pintas lainnya

6. Platform Keramik
Printer ini memiliki platform mico-kristal sehingga dapat mendukung efisiensi termal hight, pengguna dapat mengatur parameter untuk mematikan hot bed secara otomatis setelah jumlah lapisan yang ditentukan.

7. Sistem Filter Udara
Sistem filter udara dapat menyerap kotoran dan gas yang dihasilkan dengan mencetak filamen khusus, lebih aman dan perlindungan lingkungan yang lebih cocok untuk rumah, sekolah atau ruang kantor.

8. Pelevelan Platform/Tatakan Otomatis
Leveling pada CreatBot F430 dilakukan sepenuhnya secara otomatis.



Filamen & Aplikasi

Standar material yang dapat digunakan oleh printer 3D F430 adalah: PLA, ABS, Nylon. Versi F430-PEEK dapat digunakan untuk membuat objek yang membutuhkan suhu ekstrusi 420 °C. Filamen PEEK memiliki fitur kekuatan tinggi, ketangguhan tinggi, ketahanan korosi dan ketahanan aus. Ini dapat digunakan di bidang kedirgantaraan, elektronik,  medis, mesin, otomotif dan industri lainnya.

Spesifikasi Teknis Printer 3D CreatBot F430

Printing
Print Technology: Fused Deposition Modeling
Build Volume: 400*300*300mm (F430)
Number of Nozzles: Double
Resolution: 0.04mm
Layer Resolution: 0.02mm
Filament Diameter: 1.75mm
Filament Compatibility: PLA, ABS, Carbon Fiber, Wood, Nylon, PC, PTEG, HIPS, PP, Flexible, TPU, PVA, PEEK, etc.
Nozzle Diameter: 0.4mm (0.3, 0.5, 0.6, 0.8, 1.0mm)
Print File Type: GCO, GCODE
Temperature
Ambient Operating Temperature: 15-32°C
Max. Nozzle Temperature: 420°C
Max. Bed Temperature: 100°C
Max. Cabinet Temperature:
Mechanical
Construction: Power-Coated Steel, Aluminum Casting for Motion Components, POM
Build Plate: Microcrystalline Ceramic Panel
Build Plate Leveling: Automatic
Extruder: Directly Drive
Stepper Motors: 1.8° Step Angle with 1/16 Micro-stepping
X Y Positioning Precision: 12.7 Microns
Z Positioning Precision: 1.25 Microns
Electrical
Power Requirements: 100-240V, 50-60Hz
Max. Power: 300W
Screen: 4.3″ Touch Screen
Control Chip: ATmega 2560
Storage Media: USB Disk
Connectivity: USB
Software
Software Bundle: CreatWare Multi-language
Supported File Types: STL, OBJ, AMF
Operating Systems: Windows (7,8,10), Mac OS X
Special Function
Outage Restored: Save data when power is off
Filament Detection: Pause printing when filament run out
Automatic Shut-down: Turn off the power automatically when printing is complete
Size & Weight
Product Dimensions & Weight: 660*470*580mm 43Kg
Packing Size & Weight: 760*620*680mm 58Kg
Bagikan melalui: