Apa itu pencetakan 3d

Apa Itu Pencetakan 3D ?

Pencetakan 3 dimensi adalah teknik fabrikasi yang digunakan untuk membangun struktur tiga dimensi yang berbentuk benda padat. Pencetakan 3D adalah teknik Additive Manufacturing: Objek benda dibuat dengan menyusun dan menambahkan lapisan bahan di atas satu sama lain. Untuk membuat benda padat, printer 3D menggunakan bahan cetak tertentu yang disusun pada tempat pembuatan (disebut sebagai build platform) mengikuti desain file 3D, seringkali file format STL. Bahan yang digunakan biasanya polimer plastik yang dilelehkan dan diendapkan lapisan demi lapis. Setiap lapisan sangat tipis dan cepat membeku, sehingga membentuk benda tiga dimensi. Sebagian besar printer 3D desktop menggunakan gulungan filamen plastik sebagai bahan dasarnya.

Teknologi pencetakan 3D

Terdapat berbagai jenis teknologi cetak 3D yang tersedia saat ini, baik sudah tersedia secara komersial atau baru pada tahap pengembangan. Masing-masing teknik pembuatan aditif ini memerlukan jenis bahan cetak 3D yang spesifik: dari filamen plastik (PLA, ABS …) hingga resin fotosensitif terhadap bahan bubuk (logam, plastik dll). Teknologi pencetakan 3D ini memiliki berbagai kelebihan dan dapat digunakan pada aplikasi dan kasus tertentu.

Ada tiga kategori utama teknologi cetak 3D:

  • Ekstrusi/extruction (FDM/FFF) : filamen plastik dilelehkan dan disimpan pada platform build dari printer 3D untuk membentuk lapisan objek per lapisan.
  • Resin (SLA dan DLP): resin fotosensitif cair dibekukan oleh laser atau proyektor untuk membentuk objek secara langsung pada tangki resin printer 3D. Teknologi pencetakan 3D yang paling umum menggunakan photopolymerization (pemadatan resin fotosensitif melalui sumber cahaya) disebut stereolithography (SLA).
  • Bubuk/powder (SLS, SLM, DMLS …): bahan baku berupa serbu dilelehkan dengan laser, butiran bubuk diikat atau dilebur bersamaan untuk mendapatkan struktur yang solid. Teknologi Selective Laser Sintering (SLS) adalah yang paling umum di antara teknologi cetak 3D berbasis powder ini.

Saat ini teknologi pencetakan 3 dimensi semakin berkembang, dengan berbagai produk printer 3D yang sudah dihasilkan. Kedepannya, bukan tidak mungkin akan ditemukan teknlologi yang memungkinkan pembuatan objek padat 3 dimensi secepat mencetak dokumen satu halaman A4 dengan kualitas mumpuni.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *