Nilon_Filament

Nilon, Material Pencetakan Objek 3D Berdaya Tahan Tinggi

Material yang dapat digunakan untuk pembuatan objek dengan printer 3D, selain ABS dan PLA adalah Nilon. Nilon adalah polimer sintetis yang kuat dan tahan lama dengan lapisan halus tembus pandang, yang juga disebut plastik putih. Nilon digunakan oleh banyak produsen di seluruh dunia, Nilon (poliamida) terkenal karena daya tahannya yang mengesankan, memiliki rasio kekuatan berbading berat yang tinggi, fleksibilitas yang tinggi, koefisien gesekan yang rendah serta memilik ketahanan yang bagus terhadap korosi. Dengan kemampuannya untuk menahan tekanan mekanik yang signifikan, Nilon adalah pilihan tepat untuk alat percetakan 3D, prototipe fungsional, dan komponen langsung pakai.

Pada dunia industri akan dikenal Nilon 6 dan Nilon 6/6 dan akan lebih sering didengan adalah Nilon Taulman. Terdapa varian dari Nilon 6, yaitu Nilin 618 dan 645. Nilon versi 6 memiliki kekuatan dan kekerasan yang luar biasa. Nilon biasanya dapat menyerap 10% densitas air hanya dalam 24 jamTerdapat juga Nilo grade 12 yang menyerap air lebih kecil setengahnya dibanding dengan grade 6.

Kelebihan Nilon

Dapat digunakan sebagi bahan mainan hingga komponen kedirgantaraan, Nilon disukai oleh para insinyur dan produsen di seluruh dunia untuk berbagai aplikasi yang memerlukan material yang memiliki daya tahan tinggi.

Berikut adalah Kelebihan Nilon :

  • Memiliki dayat tahan tinggi
  • Rasio kekuatan-berbading-berat yang tinggi
  • Koefisien gesekan rendah
  • Ketahanan korosi yang baik terhadap alkali dan bahan kimia organik
    Mengurangi penyerapan kelembapan bila dibandingkan dengan filamen Nilon lainnya
  • Menghasilkan objek pencetakan 3D yang mulus
  • Dapat diberi warna denga mudah



Kekurangan Material Nilon

  • Nylon bersifat hidroskopis, karena itu, harus tetap kering. Kita bisa mengatasinya dengan memasukkannya ke dalam oven pra-cetak.
  • Akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk menyiapkan printer Anda, bahkan ada juga beberapa printer sama sekali tidak sesuai menggunakan Nilon
  • Nilon bisa (berpotensi) menyusut saat pendinginan sehingga bangunan mungkin kurang tepat.

Persiapan Dasar Printer 3D Menggunakan Material Nilon

Terdapat beberapa printer yang mampu mencetak dengan bahan filamen Nilon. Jika Kita berencana untuk beralih ke material Nylon dengan printer yang sama, ingatlah untuk mengkalibrasi ulang printer 3D kita. Jika Kita menggunakan filamen yang berbeda sebelumnya, maka bersihkan terlebih dahulu printhead-nya.

Berikut langkah-langkah memersiapkan printer 3D untuk digunakan bersama Filamen Nilon

  • Persiapkan ruangan tertutup / dipanaskan
  • Siapkan lembaran adhesi yang bagus
  • Terbaik untuk mencetak pada resolusi 200 mikron.

Persyaratan Suhu

Suhu ideal penggunaan nilon dapat sangat bervariasi, karena masing-masing merek memiliki nilai sendiri. Suhu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran atau jenis polimer yang digunakan. Oleh karena itu, suhu bisa berkisar antara 220 ° C sampai 280 ° C.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *