Filament HIPS

Filament HIPS (High Impact Polystyrene)

Dalam industri pencetakan 3D, saat ini penggunaan filament PLA dan ABS memiliki popularitas yang jauh di depan dibanding filament jenis lainnya. Namun, ada beberapa opsi lain yang tersedia di luar sana -mungkin tidak banyak digunakan, namun tetap bermanfaat. Salah satunya adalah filament HIPS. HIPS adalah singkatan dari High Impact Polystyrene yang merupakan kopolimer cangkokan yang menggabungkan polystyrene dan polybutadiene. Perpaduan kedua polimer ini adalah plastik murah yang menggabungkan kelebihan kedua polimer: kekakuan dan ketangguhan dari polystyrene, dan fleksibilitas dan penyerapan benturan dari polimer polybutadiena.
Polimer yang dihasilkan memiliki ketahanan yang tidak dimiliki polystyrene standar. Lebih kuat tanpa rapuh, dan lebih mampu menyerap dampak benturan yang lebih kuat, sehingga kualifikasi “high impact” dalam namanya.

Untuk Apa HIPS Digunakan?

Dapat dikatakan bahwa HIPS adalah plastik murah dan mudah dibuat yang memiliki ketahanan yang sangat baik dan machinability. Di luar pencetakan 3D, HIPS digunakan untuk produksi wadah makanan karena HIPS alami telah dinyatakan sesuai FDA untuk aplikasi pemrosesan makanan. Anda mungkin pernah melihat HIPS digunakan untuk cangkir untuk minuman panas dan dingin, pelapis kulkas, casing komputer, panel instrumen otomotif, mainan, dan bagian TV.



Di bidang pencetakan 3D, HIPS dikenal sebagai bahan pendukung yang sangat baik untuk material lainnya. Bahan pendukung ini biasanya digunakan untuk pencetakan objek 3D dengan desain yang rumit, dengan memasukkan struktur pendukung dari beberapa jenis material pembentuk objek ke dalam desain. Hal ini terutama disebabkan oleh keterbatasan fungsional printer 3D, sehingga perlu untuk mencetak objek secara berlapis-lapis dari bawah ke atas. Dengan demikian, fitur yang menjorok akan memerlukan dukungan di bawahnya untuk menghindari warping, deformasi, atau keruntuhan.

HIPS biasanya digunakan sebagai bahan pendukung untuk pencetakan dengan material utama dari filament ABS. Ini karena kemampuan HIPS untuk larut dengan mudah dalam limonene, pelarut yang mudah didapat yang berasal dari kulit lemon. Cetakan yang dibuat dari ABS dengan struktur pendukung yang terbuat dari HIPS hanya perlu menjalani limonene perendaman selama 24 jam untuk struktur pendukung agar sepenuhnya larut – tidak perlu pisau, pengamplasan, atau pengikisan. Hasilnya adalah hasil cetak yang lebih halus dan bebas noda tanpa banyak pekerjaan manual.

Mengapa HIPS cocok bekerja dengan ABS? Ini karena suhu pencetakan HIPS dan ABS hampir identik. Ini berarti bahwa tidak akan ada risiko bahwa salah satu akan merusak yang lainnya karena perbedaan suhu. Ini berarti bahwa filamen HIPS adalah bahan yang sangat bagus untuk pencetakan 3D jika dibutuhkan produk pendukung yang mudah larut yang mudah diampelas, dipermak, dicat, dan dilem.

Bagaimana Bekerja Dengan Filament HIPS?

Filament HIPS dapat digunakan untuk mencetak pada kondisi terbaik dikisaran suhu 230 hingga 240 °C. Jika suhu nosel terlalu rendah, filamen HIPS tidak akan mencair dengan baik dan akan menyebabkan ekstrusi bawah. Selanjutnya, suhu build area/printing bed pencetakan harus berad dalam kisaran 90 hingga 110 °C. Hal ini untuk memastikan adhesi dari HIPS ke tempat pencetakan benar-benar merata, dianjurkan menggunakan Kapton Tape atau Kapton Spray. Kecepatan cetak filament HIPS hingga 70 mm/s, tetapi hasil terbaik dicapai dengan kecepatan rendah (kurang dari 40 mm/s). Sangat dianjurkan untuk mencetak desain dengan detail yang rumit.

Setelah proses pencetakan selesai, cetakan dibiarkan untuk mendingin sepenuhnya. Cetakan 3D yang dibuat dengan HIPS sangat rentan terhadap warping ketika tidak benar-benar dingin. Pendinginan bertahap akan mengurangi risiko melengkung dalam produk. Jika HIPS digunakan sebagai bahan pendukung, kita hanya perlu menenggelamkan cetakan sepenuhnya dalam limonene setidaknya selama 24 jam. Goyangkan wadah perlahan-lahan setiap saat dan kemudian dapat membantu mempercepat proses pelepasan cetakan utama.

Apa Kekurangan Bekerja Dengan HIPS?

Sebagai bahan filament untuk cetakan, penggunaan HIPS juga akan memunculkan beberapa penanganan khusus. Seperti yang sudah disebutkan, HIPS akan bekerja paling baik dengan build area yang dipanaskan untuk menghindari warping. Ditambah dengan suhu pencetakan HIPS yang relatif tinggi, membuat bekerja dengan HIPS membutuhkan energi panas (listrik) yang tinggi. HIPS juga memancarkan bau ringan yang keluar dari styrene, disarankan untuk mencetak di ruangan yang berventilasi baik.

Beberapa produsen telah mengeluarkan produk HIPS ke pasarana seperti : GizmoDorks, MatterHackers, FormFutura dan eSun.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *