Acrylonitrile styrene acrylate (ASA)

Filament Acrylonitrile Styrene Acrylate (ASA) Alternatif ABS

Berkembangnya teknologi di bidang pencetakan 3 dimensi tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, tidak hanya semakin beragamnya printer 3D yang diproduksi berbagai vendor, semakin inovatifnya software pemodelan 3D namun juga filament material pembuat objek yang digunakan dalam pencetakan 3 dimensi ini. PLA dan ABS merupakan material yang biasa digunakan untuk pembuatan objek 3 dimensi. Dengan berbagai penyempuranaan, maka terlahirlah Acrylonitrile Styrene Acrylate (ASA) disebut juga dengan acrylic stirrene acrylonitrile, yaitu termoplastik yang dikembangkan sebagai alternatif untuk acrylonitrile butadiene styrene (ABS), tetapi dengan berbagai peningkatan, diantaranya tahan cuaca dan stabil dibawah Ultra Violet (UV) serta lebih tahan terhadap air.

ASA secara struktural sangat mirip dengan ABS. Partikel bola dari karet akrilat yang sedikit bersilang silang, berfungsi sebagai pengubah dampak secara kimia dicangkokkan dengan rantai styrene-acrylonitrile copolymer, dan tertanam dalam matriks stirena-akrilonitril. Karet akrilat berbeda dari karet berbasis butadiena karena tidak adanya ikatan ganda, yang memberikan ketahanan terhadap bahan sekitar sepuluh kali lebih tahan terdapad pelapukan dan ketahanan terhadap radiasi ultraviolet, ketahanan panas jangka panjang yang lebih tinggi, dan ketahanan kimia yang lebih baik. ASA secara signifikan lebih tahan terhadap retak dan gangguan dari lingkungan dibanding ABS, terutama untuk alkohol dan banyak bahan pembersih.

Keunggulan material Acrylonitrile Styrene Acrylate (ASA), antara lain :
– Tahan lama
– Tahan terhadap degradasi dan pelapukan UV
– Tahan terhadap retakana akibat tegangan lingkungan
– Tahan terhadap suhu dan tahan kimia
– Memiliki resistensi yang baik terhadap lingkungan

Aplikasi Penggunaan Acrylonitrile Styrene Acrylate (ASA)

Filament ini secara luas digunakan dalam industri otomotif, prototipe yang digunakan diluar ruangan memiliki finishing yang bagus. Berbagai objek 3 dimensi yang dapat dibuat dengan menggunakan ASA, antara lain :
– Talang dan pipa saluran air
– Rambu luar ruangan
– Perabotan luar ruangan
– Perlengkapan eksterior
– Penutup bumper untuk mobil/otomotif

Penggunaan filament ASA dapat menghasilkan asap yang beracung sehingga harus diperhatikan ventilasi ruangan pada saat filament ASA digunakan agar tidak membawa dampak yang berbahaya bagi penggunanya. Suhu yang diperlukan pada saat proses pencetakan berkisar antara 230°C – 250°C

Harga Filament ASA

Dari informasi yang didapat, harga filament ASA akan lebih mahal dari ABS. Dari berbagai situs e-commerce, harga filament ASA yaitu berkisar 42.95 Pounsterling untuk ukuran 1.75mm.

Bagikan melalui: