ABS_AcrylonitrileButadieneStyrene

Material Untuk Printer 3D – ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)

Membuat objek 3 dimensi dengan menggunakan printer 3D tentu membutuhkan material khusus yang mudah dibentuk, rigid dan tahan lama. Saat ini terdapat banyak pilihan yang dibuat oleh para produsen KIT material untuk printer 3D ini. Pemilihan material bahan baku sangat berpengaruh pada hasil yang dihasilkan.

ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) adalah polimer berbasis minyak bumi, memiliki formula kimia: (C8H8)x· (C4H6)y·(C3H3N)z. Material ini bersifat thermoplastic yang memiliki pengertian material akan melunak dan mudah dibentuk jika dipanaskan hingga pada suhu tertentu namun akan menjadi keras setelah didinginkan. Jenis material ini sangat tahan terhadap suhu tinggi dan juga cuaca yang membuatnya digemari untuk dijadikan sebagai komponen pembentuk objek/benda yang real di dunia nyata

Dari sisi harga, material ini cukup murah sehingga memungkinkan biaya pembuatan prototipe suatu objek menjadi lebih efektif. ABS adalah material yang cukup banyak digunanakan untuk printer 3D.

Fitur ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)

ABS tersedia dalam berbagai macam warna yang membuatnya populer di kalangan pengguna printer 3D, karena objek/model benda yang dihasilkan akan lebih menarik. Materialnya secara mekanis sangat kuat, sehingga model yang dibuat akan menjadi tahan lama.


Jika Anda menggunakan ABS disarankan untuk mencetak pada suhu 220 ° dan 250 ° celcius. Untuk menghindari bending dan warping Anda ingin mencetak dengan ABS di tempat tidur dipanaskan (dari 50 sampai 100 ° C) untuk memastikan pendinginan material secara bertahap. ABS mendapat tampilan mengkilap dan glossy saat diolah dengan uap aseton karena larutan ini memiliki sifat untuk melelehkan lapisan atas dari benda tercetak, membuatnya halus dan mengkilap.

Pros dan Cons Penggunaan Bahan ABS untuk printer 3D

  • Kelebihan
    Murah
    Sangat Tersedia dengan berbagai macam warna
    Berlaku untuk hampir semua printer
    Mekanisnya kuat
    Umur yang lebih panjang
  • Kekurangan
    Material menganduk toxid yang bisa mengganggu kesehatan
    Membutuhkan tempat pembuatan yang bersuhu panas
    Objek yang dihasilkan tidak coock digunakan untuk makanan
Bagikan melalui:

One thought on “Material Untuk Printer 3D – ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *