HP Met Jet System

Volkswagen Gunakan Sistem Cetak 3D Logam HP Metal Jet Untuk Produksi Komponen

Volkswagen mengumumkan akan menggunakan sistem HP Metal Jet baru untuk menyederhanakan dan mempercepat produksi dengan pencetakan 3D logam. Dibandingkan dengan metode pencetakan 3D logam lainnya, perusahaan mengklaim bahwa proses baru cetak 3D logam dengan HP Metal Jet akan meningkatkan produktivitas hingga 50 kali lipat.

Awal pekan ini, raksasa teknologi HP mengumumkan kehadiran HP Metal Jet, sistem manufaktur aditif logam baru yang inovatif dan mampu memproduksi komponen secara massal. HP juga mengungkapkan bahwa beberapa produsen terkenal, seperti Volkswagen dan Wilo, telah mulai memanfaatkan teknologi baru tersebut di lantai produksi masing-masing.

Sekarang, Volkswagen telah membuat pengumuman sendiri tentang integrasi sistem baru HP, yang diharapkan akan membawa produksi massal melalui pencetakan 3D ke industri otomotif. Pabrikan mobil Jerman tersebut mengklaim bahwa pihaknya akan menjadi produsen otomotif pertama yang menggunakan proses HP Metal Jet.

Penggunaan Serbuk Logam

Mirip dengan teknologi Multi Jet Fusion HP, proses HP Metal Jet melibatkan penggunaan serbuk logam dan bahan pengikat untuk menghasilkan objek lapis demi lapis. Hasil cetak kemudian “dipanggang” menjadi komponen logam dalam proses sintering. Proses ini berbeda dari teknik pencetakan 3D logam lainnya karena tidak menggunakan laser.

Proses HP Metal Jet direkayasa untuk menyederhanakan dan mempercepat produksi aditif logam. Bahkan, HP mengklaim bahwa sistemnya meningkatkan produktivitas hingga lima puluh kali jika dibandingkan dengan metode pencetakan 3D lainnya.

Volkswagen telah bermitra dengan HP dan GKN Powder Metallurgy untuk mengembangkan alur kerja pencetakan 3D logam yang akan digunakan dalam produksi massal. Saat ini, komponen yang menyusun kendaraan Volkswagen terdiri dari antara 6.000 hingga 8.000 bagian yang berbeda. Perusahaan menjelaskan bahwa pencetakan 3D sebelumnya hanya digunakan untuk pembuatan prototipe atau bagian-bagian individu khusus.

Tetapi sekarang, dengan teknologi HP 3D Metal Jet, dimungkinkan untuk memproduksi sejumlah besar komponen tanpa perlu memproduksi alat yang sesuai. Akibatnya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat bagian berkurang secara drastis.

Personalisasi Kendaraan

Volkswagen bekerja dengan mitranya untuk mengembangkan teknologi berkelanjutan sehingga memungkinkan untuk mencetak elemen desain, dimulai dengan komponen-komponen kecil. Elemen desain seperti itu termasuk mencetak huruf tailgate, tombol gigi atau kunci dengan aspek yang dipersonalisasi. Perusahaan berharap dapat menawarkan individualisasi tersebut kepada pelanggan sesegera mungkin.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *