Canon Menciptakan Teknik untuk pencetaan 3D pada keramisk.

Canon Inc. Mengumumkan Teknologi dan Bahan Cetak 3D Pada Keramik yang Sangat Akurat

Canon Inc. telah mengumumkan bahwa perusahaan telah mengembangkan teknologi manufaktur untuk pencetakan 3D pada bagian-bagian keramik yang sangat akurat dengan geometri yang kompleks dengan menggunakan bahan keramik proprietary yang bisa dibuat dengan printer 3D. Bagian keramik cetakan 3D ini memiliki sifat seperti keramik konvensional yaitu tahan panas dan rentan terhadap korosi serta sifat insulasi, dan diharapkan dapat digunakan dalam berbagai bidang yang berbeda, termasuk peralatan industri.

Pihak Canon Inc. menyatakan pendapatnya bahwa dibandingkan dengan printer 3D plastik dan logam, printer 3D yang menggunakan bahan keramik ternyata tidak banyak. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa permintaan untuk bahan keramik tidak banyak dan penggunaan bahan berbasis keramik tidak menghasilkan cetakan yang akurat. Faktanya, sebagian besar pencetakan 3D dengan media keramik mengalami penyusutan sekitar 20% selama proses pasca annealing, yang menyebabkan proses ini sangat sulit untuk kegunaan pembuatanan prototipe.

Canon Inc, telah mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan sebuah bahan cetak 3D berbasis keramik yang telah dipatenkan serta teknologi baru untuk manufaktur keramik. Teknologi ini telah dikembangkan untuk menghasilkan komponen keramik yang sangat akurat dengan geometri kompleks, seperti bentuk sarang lebah. Cetakan yang dihasilkan memberikan sifat yang sama dengan keramik yang dibuat secara tradisional, seperti insulasi serta ketahanan terhadap korosi dan panas. Akibatnya, Canon percaya bahwa komponen keramik cetakan 3D dapat digunakan di banyak bidang.

Penggunaan Teknologi selective Laser Melting (SLM) Pada Alumina

Materi yang dikembangkan oleh Canon adalah bahan keramik berbasis alumina yang bekerja dengan teknologi baru dan teknologi selective laser melting (SLM). Perusahaan ini menjelaskan bahwa teknologi ini dapat menghasilkan bagian-bagian yang kompleks, keropos dan berongga. Penggunaan cetakan keramik semacam itu bisa dalam tungku listrik atau bagian yang menghadapi paparan bahan kimia yang memerlukan ketahanan terhadap korosi. Namun, perusahaan Canon Group sedang mengerjakan aplikasi lebih lanjut untuk teknologi ini dengan membuat prototipe komponen untuk peralatan industri.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *