Cara install FreeCAD pada linux Ubuntu

Cara Install FreeCAD Pada Linux Ubuntu

FreeCAD adalah perangkat lunak open source untuk pemodelan 3D parametrik yang dibuat terutama untuk merancang objek kehidupan nyata dari berbagai ukuran. Pemodelan parametrik memungkinkan kita untuk dengan mudah memodifikasi desain dengan mengubah parameternya. FreeCAD memungkinkan penggunanya untuk membuat sketsa dalam bentuk 2D dan menggunakannya sebagai dasar untuk membangun objek lain. FreeCAD juga berisi banyak komponen untuk menyesuaikan dimensi atau mengekstrak detail desain dari model 3D dan membuat gambar siap produksi berkualitas tinggi. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara install FreeCAD pada Linux Ubuntu 18.04.

Software FreeCAD Fleksibel dan Terintegrasi

FreeCAD dikembangkan oleh J├╝rgen Riegel pada Januari 2001 dengan memulainya dari CADE project, dan sejak saat itu banyak yang bergabung dan menjadikan FreeCAD menjadi open source dengan dukungan dari komunitas. FreeCAD adalah multiplatfom (dapat berjalan di sistem operasi Windows, Mac dan Linux), perangkat lunak yang dapat disesuaikan dan dikembangkan. Software ini mampu membaca dan menulis ke banyak format file terbuka seperti STEP, IGES, STL, SVG, DXF, OBJ, IFC, DAE dan banyak lainnya, sehingga dengan mudah dapat diintegrasikan ke dalam alur kerja pengguna

Instalasi FreeCAD Pada Ubuntu

Disarankan untuk melakukan instalasi FreeCAD melalui personal package archive (PPA) yang dikelola oleh FreeCAD project, dibanding menggunakan Ubuntu repository, karena bisa saja pakcage FreeCAD yang ada di repositori Ubuntu telah usang atau versi lama yang tidak terupdate. Nama repository FreeCAD yang biasa digunakan adalah Freecad-stable yang bisa didapatkan di https://launchpad.net/~freecad-maintainers/+archive/ubuntu/freecad-stable.

Terdapat dua cara yang bisa dipilih untuk melakukan instalasi FreeCAD pada Ubuntu, yaitu melalui command line dan melalui GUI (Ubuntu Software Console). Pada artikel dibawah ini, akan dibahas instalasi software FreeCAD menggunakan command line. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk instalasi FreeCAD, sebagai berikut :

  1. Prasyarat/prerequisite
  2. Penambahan PPA FreeCAD-stable
  3. Instalasi Sofware FreeCAD

Prasyarat/Prerequisite

Untuk dapat melakukan instalasi perangkat lunak pemodalan 3D FreeCAD di lingkungan Linux Ubuntu, persayaratan utamanya adalah tersedianya OS Ubuntu yang sudah terinstall, user non root yang memiliki kapasitas sudo dan space/storage untuk menyimpan software hasil instalasi minimal 902MB atau 1GB.

Penambahan PPA FreeCAD-stable

Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan PPA FreeCAD pada sistem Ubuntu kita dilanjukan dengan update sistem. Langkah ini bisa dilakukan dengan eksekusi perinta berikut : sudo add-apt-repository ppa:freecad-maintainers/freecad-stable dan sudo apt-get update.

ramans@indoprinter3d:~$ sudo add-apt-repository ppa:freecad-maintainers/freecad-stable
install FreeCAD PPA freeCADstable
update PPA FreeCAD
ramans@indoprinter3d:~$ sudo apt update
Install FreeCAD - update system
Update system

Sampai pad langkah ini, Ubuntu kita sudah ter-update dengan adanya penambahan ppa untuk FreeCAD. Langkah berikutnya adalah melakukan instalasi FreeCAD.

Instalasi FreeCAD

Tahap berikut adalah melakukan instalasi FreeCAD yang sudah kita siapkan environment-nya pada dua langkah diatas. Instalasi ini dapat dilakukan dengan menjalankan perintah sudo apt install freecad freecad-common dari console.

ramans@indoprinter3d:~$ sudo apt install freecad freecad-common
Install FreeCAD on Ubuntu 18.04
Install FreeCAD

Setelah sukses melakukan instalasi FreeCAD, maka kita bisa melakukan verifikasi terhadap PPA FreeCAD yang baru saja kita tambahkan ke sistem kita, dengan menjalankan perintah apt-cache policy freecad.

ramans@indoprinter3d:~$ apt-cache policy freecad

Terlihat dari informasi diatas bahwa versi FreeCAD yang sudah berhasil diinstal di Ubuntu 18.04 adalah 2:0.18.4+dfsg1~201911060029~ubuntu18.04.1.

Sesudah semua tahapan dilalui, maka kita bisa mencoba untuk pertama kali aplikasi FreeCAD dengan memanggil aplikasi tersebut dari command line, dengan mengetikan freecad.

 ramans@indoprinter3d:~$ freecad

Berikut adalah penampakan FreeCAD yang muncul di sistem operasi Linux distribusi Ubuntu untuk pertama kalinya.

FreeCAD running for the 1st time on Ubuntu 18.04
FreeCAD running for the 1st time on Ubuntu 18.04

Kesimpulan

Bagi Anda yang memiliki passion dibidang pemodelan 3 dimensi namun dengan budget terbatas, maka aplikasi-aplikasi yang bersifat open source adalah salah satu alternatifnya. FreeCAD merupakan aplikasi pemodelan 3D yang gratis dan dapat didownload dengan mudah. Ditunjang dengan sistem operasi yang disokong oleh komunitas, dalam hal ini Linux Ubuntu, maka cost yang dibutuhkan dapat ditekan dan dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti pembelian filament, penggantian sparepart printer 3D atau bahkan mengganti model printer 3D dengan yang lebih canggih.

Selamat mencoba.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *