12 Agustus 2020

7 Aplikasi Scanner 3D Terbaik Untuk Smartphone Tahun 2019

Pemanfaatan smartphone ternyata dapat lebih advanced lagi jika digunakan bersama dengan aplikasi-aplikasi keren yang bermanafaat. Sebut saja aplikasi pemindai tiga dimensi (scanner 3D apps) yang mampu menghasilakn file dari suatu objek tiga dimensi yang nantinya dapat diolah kembali dan mampu dicetak dengan printer 3D. Dalam tulisan kali ini akan dibahas sekilas mengenai 7 aplikasi smartphone (mobile apps) terbaik unguk pemindaian objek tiga dimensi. Pemindaian 3D dengan smartphone merupakan salah satu alternatif yang bagus untuk menyiasati scanner objek 3 dimensi yang berharga tinggi. Dengan sedikit modifikasi, kita dapat membuat ulang beberapa objek 3D favorit pengguna.

Keterbatasan Aplikasi Smartphone Scanner 3D

Sebelum melihat daftar, penting untuk mengingat hal-hal berikut saat menggunakan aplikasi ponsel cerdas untuk pemindaian 3D. Kemungkinan kita akan menghabiskan banyak waktu untuk mencoba banyak aplikasi ini berjalan dengan mulus, dan itu bisa membuat frustasi bagi orang-orang yang hanya ingin pemindaian yang baik dengan cepat. Untuk mengekstrak kualitas terbaik dari pemindaian 3D pengguna, diperlukan perbaikan dalam perangkat lunak. Gambar dengan kualitas buruk adalah masalah umum dengan aplikasi pemindai 3D generasi saat ini, karena banyak smartphone tidak memiliki perangkat keras yang diperlukan untuk pemindaian yang baik.

1. Trnio (iPhone scanner 3D)

Trnio adalah aplikasi scanner 3D yang berjalan diatas platform iOS dan diminati banyak orang. Pengguna cukup tap tombol kamera di tengah layar kemudian bergerak di sekitar objek. Layar menambahkan titik augmented reality (AR) biru setiap kali mengambil gambar. Setelah pengguna memiliki cukup foto, kemudian cukup dengan mengetuk dan menahan bagian tengah layar, dan itu akan mulai menyatukannya foto suatu objek. Objek yang dipindai memiliki banyak tekstur, pemindaian biasanya berjalan dengan baik.

Fitur:
  • Harga: $ 2,99
  • Platform: iOS (11.3 atau lebih baru)
  • Jumlah peringkat: 14
  • Peringkat: 3,4 bintang
  • Target pengguna: Novis, pecinta outdoor

Aplikasi ini juga akan memindai objek di sekitar target, artinya pengguna harus melakukan beberapa ‘pembersihan’ terhadap objek yang bukan tujuan pemindaian. Sebagai fitur tambahan, Trnio menggabungkan platform sosial. pengguna dapat mengikuti pengguna lain, melihat pemindaian lain, dan menambahkan teman. Sangat menarik untuk melihat pemindaian unggulan dan melihat bagaimana pemindaian yang dilakukan orang lain. Dan berkat fitur “ekspor ke Sketchfab” aplikasi, pengguna dapat mengunduh pindaian dari situs web Sketchfab.

2. Qlone

Qlone adalah aplikasi scanner 3D hasil garapan EyeCue Vision Technologies LTD yang tampak luar biasa. Tampilan AR telah menjadi default bawaan, ekspor objek yang mudah ke Sketchfab, dan bahkan panduan AR untuk membantu pemindaian. Pemindaian dengan aplikasi ini cukup sederhana, cukup dengan menekan tombol plus dan kemudian memindahkan ponsel pengguna atau objek di sekitar sampai bentuk AR semakin jelas. Setelah perangkat lunak merender model, pengguna dapat mewarnai dan mengekspornya.

Fitur:

  • Biaya: Gratis, tetapi ekspor ke Sketchfab atau Shapeways berharga $ 0,99 per pemindaian 3D
  • Platform: iOS (9.0 atau lebih baru), Android (5.0 dan lebih tinggi)
  • Jumlah peringkat: 441 (Apple); 734 (Google Play)
  • Peringkat: 4.0 (Apple); 3,0 bintang (Google Play)
  • Target pengguna: pembuat konten AR / VR, showcasers eCommerce, pendidik STEM, penggemar pencetakan 3D

Fitur lain dari Qlone adalah pengguna dapat memindai lebih dari satu posisi, dan menggabungkannya untuk pemindaian yang lebih baik. Meskipun fitur ini membantu, namun pemindaian kadang-kadang terdistorsi. Salah satu kelemahan Qlone adalah kualitas pemindaian yang tidak sesuai harapan, terutama untuk objek yang lebih kecil. Hal lain yang menjadi kekuranga dari aplikasi ini adalah monetisasi untuk meng-ekspor objek hasil pemindaian. Untuk menengekspor GIF, video, gambar dan ke Sketchfab dan media sosial berbiaya gratis, sedangkan untuk mengekspor ke CGTrader dan Shapeways dikenakan biaya sekitar $ 0,99 ($14,99 selama tiga bulan ekspor tanpa batas). Bahkan untuk mengekspor file OBJ atau STL juga kena charge, pengguna harus membayar satu dolar untuk setiap ekspor atau membeli kredit untuk “membuka” model.

3. Scann3D

AScann3D adalah aplikasi scanner 3D untuk smartphone yang diproduksi oleh SmartMobileVison. Dengan titik pelacakan yang mudah dilihat, kemampuan untuk mengimpor dan mengekspor objek model ke Sketchfab, Scann3D terlihat bagus. Aplikasi ini sangat bersih, mudah digunakan, dan secara keseluruhan membuat pengalaman yang baik.

Salah satu kelemahan dari aplikasi Scann3D adalah dibutuhkan waktu lama untuk mendapatkan suatu objek model dan kadang-kadang aplikasi macet saat sedang merender foto. Titik frustrasi lainnya adalah pengguna tidak dapat mengekspor model tanpa berlangganan fitur-fiturnya.

Fitur:

  • Biaya: Gratis, tetapi berlangganan diperlukan jika pengguna ingin mengekspor model
  • Platform: Android (5.0 dan lebih tinggi)
  • Jumlah peringkat: 3.262
  • Peringkat: 2,9 bintang
  • Target pengguna: Pemula, pemula

Aplikasi pemindai 3D ini benar-benar dipikirkan, dan mudah untuk melihat mengapa Scann3D ingin memonetisasi teknologi mereka. Namun, seperti halnya Qlone, mungkin ada cara yang lebih baik untuk menghasilkan uang.

4. Cappy

Cappy merupakan aplikasi scanner 3D untuk smartphone yang diproduksi oleh Scandy. Aplikasi ini lebih merupakan jejaring sosial untuk hasil kreasi yang dipindai. Aplikasi ini tidak dilengkapi dengan tools untuk mengekspor file hasil pemindaian. Di dalam aplikasi, pengguna dapat melihat hasil pemindaian orang lain dalam format AR. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan juga menyenangkan secara estetika dan sepenuhnya bersifat gratis, sehingga pengguna dapat memindai semua yang diinginkan.

Fitur:

  • Gratis
  • Platform: iOS (11.0 atau lebih baru)
  • Jumlah peringkat: 28
  • Peringkat: 3,9 bintang
  • Pengguna target: pendongeng atau pencipta AR / VR, pemula

Salah satu kelemahannya adalah pengguna hanya dapat memindai selama sepuluh detik, tetapi karena aplikasi tidak memiliki tujuan lain selain untuk membuat model dan melihat berbagi model, hali ini lebih dari cukup waktu. Jika pengguna menginginkan hasil pindaian yang dapat diekspor, ini bukan aplikasi pemindai 3D tepat.

5. Heges

Heges diluncurkan pada 2018 dan ditujukan untuk iPhone X-series (iPhone X, XS, XR), yang dilengkapi dengan kamera TrueDepth. Aplikasi ini memiliki paket pemindai yang harganya $ 2,99 dan dapat memindai dalam sejumlah langkah awal, dengan kemampuan untuk mengekspor model 3D ke dalam file PLY dan STL. Heges juga menangkap warna dan menghadirkan “Mode Malam”, yang memungkinkan pengguna memindai dalam lingkungan yang gelap gulita.

Pengguna dapat berbagi layar dengan perangkat Apple lain saat memindai, selama perangkat lain memiliki kamera TrueDepth atau dapat menginstal Heges.

Fitur:

  • Gratis
  • Platform: iOS (12.0 atau lebih baru)
  • Jumlah peringkat: 64
  • Peringkat: 3,4 bintang
  • Pengguna target: Profesional

Heges memiliki fitur baru yang disebut “Pemindaian Tak Terbatas” yang memungkinkan pengguna memindai ruang yang sangat besar dengan satu-satunya batasan adalah ruang penyimpanan pada smartphone. Salah satu batasan Heges adalah bahwa pemindaian dapat gagal ketika pengguna mulai bergerak terlalu cepat atau ketika pengguna mencoba memindai lingkungan yang sulit seperti permukaan kaca.

6. Sony 3D Creator

Aplikasi pemindai 3D buatan Sony ini dapat mengubah objek dan orang menjadi model 3D resolusi tinggi. Dan tergantung pada apa yang ingin pengguna pindai, aplikasi akan membantu pengguna untuk mencapai pemindaian yang hebat karena memiliki mode pemindaian yang berbeda, yaitu makanan, kepala, wajah, selfie, dan bebas. Aplikasi itu dulu eksklusif untuk perangkat Xperia, tetapi Sony membuatnya juga tersedia untuk perangkat Android lainnya.

Sony 3D Creator App memberi pengguna kebebasan untuk membuat model 3D dari wajah pengguna menggunakan kamera depan, dan jika suka, pengguna dapat membagikan model pengguna di media sosial atau mencetaknya di rumah.

Fitur:

  • Gratis
  • Platform: Android (8.0 dan lebih tinggi)
  • Jumlah peringkat: 1.870
  • Peringkat: 4,3 bintang
  • Target pengguna: Pemula, pemula

“Pemrosesan cloud pasca-pemindaian” memungkinkan pengguna membuat model 3D dengan resolusi 4K, memungkinkan detail dan realisme yang lebih baik. Pemindai juga memiliki efek AR yang memungkinkan pengguna menghidupkan pemindaian pengguna sebagai avatar 3D. Saat pengguna merasa tidak puas dengan model pengguna, pengguna dapat meningkatkannya menggunakan pengeditan foto dalam aplikasi. Atau pengguna dapat meningkatkan kualitas pemindaian dengan mengunggahnya ke server Sony.

7. Capture

Aplikasi ini membutuhkan kamera TrueDepth, yang hadir dengan iPhone X-series (iPhone X, Xs, Xr), dan memungkinkan pengguna untuk mengirim hasil pemindaian pengguna melalui iMessage, WhatsApp, Slack, dan banyak lagi aplikasi. Kuncinya adalah setiap iPhone dapat menampilkan pemindaian, meskipun tidak memiliki kamera TrueDepth.

Memindai dengan Capture seperti mengambil foto panorama. pengguna dapat melihat pratinjau pemindaian di lingkungan model aplikasi atau menempatkannya di AR. Aplikasi ini memiliki platform  untuk mendaftar dan mendapatkan akun gratis untuk  menyimpan atau melihat hasil pindaian yang telah disimpan. Dari platform yang sama, pengguna dapat mengunduh file dalam format yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur:

  • Gratis
  • Platform: iOS (12.0 atau lebih baru)
  • Jumlah peringkat: 92
  • Peringkat: 4,2 bintang
  • Pengguna target: Novis, pakar

Capture memanfaatkan kamera dan sensor iPhone dan fungsinya dengan menciptakan “cloud titik”, memungkinkannya mengukur kedalaman objek yang dipindai. Aplikasi kemudian memproses informasi yang dikumpulkan untuk menghasilkan model 3D.

Keterbatasan utama aplikasi ini adalah pengguna hanya dapat menggunakannya pada kamera yang menghadap ke depan (front camera). Dengan demikian pengguna harus memegang teleponnya dalam posisi yang canggung setiap kali ingin memindai objek. Juga, setiap kali ada masalah – seperti ketika pengguna berhenti atau bergerak terlalu lambat – aplikasi akan berhenti memindai secara prematur.

Aplikasi pemindai 3D telah berkembang menjadi lebih baik, tidak hanya menjadi lebih mudah digunakan tetapi juga lebih baik dalam kualitasnya. Kemudahan penggunaan di semua aplikasi juga meningkat pesat. Dengan industri pencetakan 3D yang meningkat, pemindaian tidak diragukan lagi akan segera menyusul. Karena aplikasi yang mereplikasi objek, pemindaian 3D juga sangat berguna.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *