12 Agustus 2020
Cura Plugins

5 PlugIn Yang Harus Dimiliki Pada Slicer Ultimaker Cura

Cura merupakan perangkat lunak slicer produksi Ultimaker yang banyak digunakan untuk printer 3D. Tidak dapat dipungkiri software slicer ini merupakan yang paling populer diatara software sejenis karena keunggulannya dalam menggabungkan kemudahan dan fleksibilitas yang bermanfaat bagi pengguna. Untuk menambah kemudahan dan meningkatkan level fungsionalitas dari software Cura ini, maka dibuatlah PlugIn, baik oleh Ultimaker sendiri maupun oleh pengembang pihak ketiga. Berikut ini ulasan terhadap PlugIn yang bisa digunakan pada Cura yang bermanfaat dan untuk meningkatkan produktifitas kerja Anda dalam pengerjaan pencetakan 3D.

Streamlined Workflow: CAD Integration
Jika Anda mendesain suatu objek untuk pencetakan 3D, Anda mungkin membuat beberapa prototipe-nya. Setiap kali Anda membuat iterasi desain, Anda harus mengekspor ulang file sebelum Anda dapat mencetak. Untuk menghilangkan kerumitan proses pembuatan model dari awal lagi, bisa dilakukan dengan plugin Streamlined Workflow: CAD Integration. Dengan plugin ini, memungkinkan Anda untuk secara langsung membuka file CAD di Cura, Cukup modifikasi desain Anda dan bisa langsung cetak.

Plugin CAD Integration sangat penting bagi siapa saja yang melakukan pencetakan 3D berulang dan teratur. Tersedia untuk: Solidworks, Autodesk Inventor, Siemens NX, Blender, FreeCAD, dan OpenSCAD. Plugin Streamlined Workflow: CAD Integration dibuat oleh Ultimaker, Thomas Karl Pietrowski

Simpler Slicing: Auto-Orientation
Plugin Auto-Orientation mengoptimalkan orientasi model yang Anda desain. Berdasarkan cara kerja pencetakan 3D FDM, area overhanging tidak terlalu bagus saat mencetak. Dengan demikian, orientasi model Anda yang tepat dapat mempercepat waktu cetak, menurunkan tingkat kegagalan, dan menghemat kerumitan pasca pemrosesan. Jika Anda kurang berpengalaman dalam mengarahkan cetakan, plugin Cura Auto-Orientation adalah cara yang bagus untuk memulai.

Plugin Auto-Orientation akan secara otomatis menghitung bagaimana meminimalkan overhang untuk model Anda. Selain itu juga akan menyederhanakan alur kerja pengirisan dan membantu mengembangkan intuisi untuk orientasi bagian objek.

Painless Conversions: Barbarian Units
Plugin Barbarian Units mengubah model dari unit imperial ke metrik. Anda mungkin tidak harus sering menggunakannya, tetapi plugin ini sangat membantu jika kita berurusan dengan metrik/ukuran.

Access Everywhere: Cura Backups
Plugin Cura Backups menyinkronkan pengaturan cetak Anda melalui cloud. Cura menawarkan fleksibilitas luar biasa ketika menyetel pengaturan material, tetapi konfigurasi selalu disimpan secara lokal di komputer Anda.

Plugin ini menyinkronkan profil Anda melalui server cloud terenkripsi Ultimaker, memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengedit pengaturan Anda dari mana saja di seluruh dunia. Apa pun komputer yang Anda pakai, Anda memiliki kendali penuh atas serangkaian konfigurasi terpusat dan tersinkronisasi hanya dengan masuk. Cura Backups sangat penting bagi siapa saja yang ingin menjaga pengaturannya tetap dan dapat diakses saat mencetak dari banyak komputer. Nama Plugin: Cura Backups, dibuat oleh: Ultimaker

Crystal Clear: Plugin Cura Settings Guide
Plugin Cura Settings Guide menjelaskan setiap pengaturan cetak secara terperinci. Antarmuka “Rekomendasi” Cura sangat sederhana dan intuitif, tetapi Ultimaker tidak mengikat Anda untuk hal itu; Anda memiliki pilihan untuk mengubah setiap pengaturan untuk pengalaman pencetakan terbaik.

Plugin Cura Settings Guide adalah alat resmi dari Ultimaker yang menjelaskan setiap pengaturan secara rinci, dengan gambar-gambar bermanfaat untuk menggambarkan poin-poin penting. Dengan begitu, Anda akan tahu persis ke mana Anda pergi.

Source: https://all3dp.com

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *