12 Agustus 2020
Pemindai 3dimensi Scanner Einscan Pro 2X

Review Pemindai 3 Dimensi Einscan Pro 2X

Pemindai tiga dimensi Einscan Pro 2X merupakan produk dari Shining 3D, perusahaan asal China produsen scanner dan printer 3D terkemka di dunia.  Peluncuran scanner Einscan Pro 2X juga disertai dengan perangkat lunak ExScan Pro, yang memberikan solusi pemindaian 3D pada generasi berikutnya.

Sekilas Pemindai 3D Einscan Pro 2X

Seberapa cepat kemajuan yang terjadi pada bidang printer 3D desktop, teknologi pemindaian 3D juga mengalami transformasi serupa karena perangkat ini menjadi lebih mudah digunakan, lebih murah, dan yang paling penting, lebih mampu menangkap gambar 3D berkualitas tinggi. Salah satu pelopor yang berkecimpung atas inovasi yang sedang berlangsung di bidang teknologi pemindaian 3D adalah Shining 3D. Didirikan pada tahun 2014, pabrikan scanner 3D telah menjadi kekuatan nyata di pasar global teknologi tinggi, berkembang ke luar dari akarnya di China dan terus berkembang di Amerika Utara dan Eropa.

Mengikuti jejak lini produk scanner 3D kelas profesional, yang mencakup EinScan Pro dan EinScan Pro +, perusahaan baru saja merilis dua model baru: EinScan Pro 2X dan EinScan Pro2X Plus. Pertama kali terungkap di formnext 2018 di Frankfurt. “Berdasarkan umpan balik yang diterima dari ribuan pengguna dan masukan berharga dari tim R & D SHINING 3D sendiri, EinScan Pro 2X & 2X Plus memberikan peningkatan substansial pada kecepatan, akurasi dan fungsi pemindaian. Membuat terobosan dramatis dalam kecepatan pemindaian dan kualitas data, seri EinScan Pro 2X bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam menghasilkan model 3D berkualitas tinggi

Baik EinScan Pro2X dan EinScan Pro 2X Plus datang dikemas dengan ExScan Pro, program perangkat lunak terbaru buaan Shining 3D yang dimaksudkan untuk menyederhanakan proses pemindaian 3D.

Fitur Einscan Pro 2X

Serupa dengan scanner 3D genggam lainnya yang dirancang oleh Shining 3D, EinScan Pro 2X terasa ringan dan kompak dalam ukuran, membuatnya portabel dan sangat serbaguna. Dengan berat lebih dari 1kg, pengguna dapat menggunakan scanner 3D ini di mana saja, meregangkan batas-batas apa yang dapat Anda ambil jauh melampaui apa yang dapat ditawarkan oleh sistem stasioner.

Mode Pemindaian Einscan Pro 2X

Sistem ini sangat ideal untuk memindai objek berukuran kecil hingga menengah, dan melakukannya dengan kecepatan yang sangat tinggi tanpa mengorbankan kualitas. Pemindai 3D EinScan Pro 2X menawarkan empat mode pemindaian 3D yang berbeda: Handheld Rapid Scan Mode, Handheld HD Scan, dan Mode Pindai Tetap (dengan atau tanpa meja putar).

Dengan Handheld Rapid Scan Mode, EinScan Pro 2X mampu memproses hingga 1.500.000 poin per detik (30 fps). Sementara Handheld HD Scan Mode sedikit lebih lambat, ia menawarkan akurasi pemindaian sempurna hingga 0,05 mm. Untuk kedua mode genggam ini, akurasi volumetrik dapat ditingkatkan dengan menggunakan penanda pada objek yang Anda rencanakan untuk pindai.

Ketika dalam Mode Pindai Tetap, yang merupakan mode yang digunakan saat pemindai tidak bergerak, akurasi dapat mencapai hingga 0,04mm. Aspek lain yang menempatkan EinScan Pro 2X satu tingkat di atas scanner 3D genggam lainnya adalah detail halus yang ditangkapnya. Ketika menggunakan mode Handheld Rapid Scan dan Handheld HD Scan, jarak titik minimum hingga 0,2mm, yang mengarah ke generasi data 3D beresolusi tinggi.

Pemindai tiga dimensi EinScan Pro 2X memiliki desain modular dan sejumlah paket opsional yang dapat ditambahkan untuk meningkatkan pengalaman pemindaian 3D. Paket Warna memungkinkan untuk menangkap tekstur warna penuh di samping geometri objek. Jika Anda ingin menggunakan meja putar dan tripod untuk membantu mengotomatiskan proses pemindaian, Anda dapat melakukannya dengan menambahkan Paket Industri.

Paket Pro 2X Plus

Penting untuk diperhatikan bahwa Shining 3D menawarkan Paket Perdana HD untuk peningkatan kecepatan pemindaian dan kualitas yang lebih baik, adds-on ini hanya kompatibel dengan mode Pro 2X Plus. Secara keseluruhan, seperti model EinScan Pro sebelumnya, Shining 3D telah merekayasa EinScan Pro 2X untuk dapat dimodifikasi tergantung pada kebutuhan setiap pengguna.

Dibandingkan dengan EinScan Pro asli, model 2X menawarkan spesifikasi yang lebih baik di seluruh tahapan, termasuk kecepatan pemindaian yang lebih cepat dan peningkatan akurasi.

Perangkat Lunak ExScan Pro

Shining 3D telah mengembangkan ExScan Pro, perangkat lunak pemindaian 3D yang bertujuan untuk membuat proses yang sederhana seperti mengambil video. Ini menawarkan antarmuka pengguna dan alur kerja yang sangat intuitif dan baru.

Salah satu aspek penting yang ditemukan dalam ExScan Pro adalah Mode Operasi, sebuah fungsi yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kecepatan proses pemindaian selama operasi dan mengatur resolusi setelah fakta itu. Ini juga kompatibel dengan beragam format file, yang mampu menghasilkan STL, OBJ, PLY, ASC, dan P3.

Di luar perangkat lunak pemindaian, Shining 3D juga berkolaborasi dengan Siemens PLM Software untuk mengembangkan perangkat lunak Solid Edge SHINING 3D Edition. Perangkat lunak canggih ini dilengkapi dengan beberapa alat desain yang luar biasa, termasuk rekayasa terbalik, desain generatif, pemodelan konvergen, pemodelan sinkron, dan simulasi, yang menyatu dengan alat CAD serbaguna semua dalam satu platform tunggal.

Seperti yang dijelaskan oleh Shining 3D, tujuan dari perangkat lunak desain ini adalah untuk melengkapi ekosistem perusahaan yang luas, yang saat ini memerlukan pemindaian, desain dan simulasi 3D, dan manufaktur aditif. The EinScan Pro 2X merupakan bagian integral dari ekosistem ini, membuat pemindaian 3D profesional jauh lebih mudah diakses dan mudah digunakan untuk pemula, sementara juga meningkatkan kualitas gambar dan alur kerja secara keseluruhan untuk pengguna tingkat lanjut.

Spesifikasi Einscan Pro 2X

Berikut disampaikan spesifikasi teknis dari pemindai Einscan Pro 2X.

  • Model: Shining 3D Einscan Pro 2X
  • Scan Modes: Handheld HD Scan, Handheld Rapid Scan, Fixed Scan with turntable/Fixed Scan without turntable (Industrial Pack Add-on Required)
  • Scanning Accuracy
    Handheld HD Scan: up to 0.05 mm
    Handheld Rapid Scan: up to 0.1 mm
    Fixed Scan: 0.04 mm (single shot accuracy)
    Volumetric Accuracy: 0.3 mm/m (Markers Alignment)
  • Scan Speed
    Handheld HD Scan: 20 fps; 100,000 points/s
    Handheld Rapid Scan: 30 fps; 1,500,000 points/s
    Fixed Scan: Single Scan < 1s
  • Point Distance
    Handheld HD Scan: 0.2 mm-2 mm
    Handheld Rapid Scan: 0.2 mm-2 mm
    Fixed Scan: 0.16mm
    Single Scan Range: 135*100 mm——225*170 mm
    Depth of Field: ±100 mm
    Working Distance: 400 mm
  • Light Source: LED
  • Align Mode
    Handheld HD Scan: Markers Alignment
    Handheld Rapid Scan: Markers Alignment, Feature Alignment, Hybrid Alignment
    Fixed Scan (with Turntable): Turntable Coded Targets, Feature, Markers, Manual Alignment
    Fixed Scan (without Turntable): Markers, Feature, Manual Alignment
  • Texture Scan
    Handheld HD Scan: No
    Handheld Rapid Scan: No
    Fixed Scan: Yes (with Color Pack Add-on)
    Outdoor Operation: Set up the shelter or cover to avoid direct sunlight
    Special Objects for Scanning: For the transparent, highly reflective or some dark objects, please spray powder before scanning
  • Printable Data Output: Able to export watertight 3D model for 3D printing
  • Output Format: OBJ , STL , ASC , PLY , 3MF, P3
  • Scan Body Weight: 1.13 kg
  • Supported OS: Win 7, Win 8, Win 10, 64 Bit
  • PC Requirements: Display card: NVIDIA GTX770 or higher; Video memory>4G; CPU: i7 or higher; RAM: 16G or higher; USB 3.0
Source: all3dp.com
Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *