12 Agustus 2020

Lulzbot Mini 2, Desktop Printer 3D Yang Stabil dan Senyap

Lulzbot Mini 2 dikenal dengan label sebagai printer 3D yang mementingkan kestabilan dan harga yang terjangkau. Juga penekanan pada kemudahan, kepraktisan dan kesenyapan ketika dioperasikan menjadi tag line-nya. Printer 3D ini dibuat oleh Aleph Objects sebuah perusahaan yang berbasis di Colorado, AS. Lulzbot Mini 2 juga telah terpilih para reviewer sebagai salah satu printer 3D terbaik dalam event Best 3D Printers of Summer 2019.

LulzBot Mini 2, merupakan versi lanjut dari Lulzbot Mini pendahulunya yang menampilkan berbagai pembaruan dan peningkatan, mulai dari komponen yang disempurnakan hingga volume bangun yang lebih besar. LulzBot Mini 2 menyoroti upaya berkelanjutan Aleph Objects untuk membuat sistem pencetakan printer 3D yang profesional seperti pada pembuatan produk, rekayasa proses, desain, manufaktur, dan pendidikan. Sekilas, LulzBot Mini 2 tampaknya tidak jauh berbeda dari pendahulunya, tetapi pandangan yang lebih dalam menunjukkan bahwa printer 3D ini dilengkapi dengan beberapa peningkatan yang signifikan.

Peningkatan yang dilakukan pada Lulzbot Mini 2 masih tetap mempertahankan kekompakan dan keandalan yang sama, tetapi fitur dan peningkatan baru yang dilakukan benar-benar mendorong LulzBot Mini 2 di atas pendahulunya. Penambahan Kontroler GLCD dan layar LCD memberikan keleluasaan yang tidak dapat dicapai dengan LulzBot Mini pertama, yang harus selalu ditambatkan ke komputer.

LulzBot Mini 2 memungkinkan pengguna memasukkan kartu SD dan mulai mencetak, mengendalikan semua pengaturan dari antarmuka pengguna yang sederhana. Sebelumnya, semua penyesuaian dan tugas dikendalikan dari Cura LulzBot Edition. Peningkatan lain yang ada pada Mini 2 adalah Print Bed cetakan PEI yang didesain ulang bekerja sangat baik. Dari banyak bahan dan model yang dicoba sama sekali tidak ditemukan masalah dengan adhesi atau objek menjadi melengkung.

Salah satu dari beberapa masalah yang kami miliki dengan LulzBot Mini 2 adalah dengan mengubah filamen. Meskipun proses swapping material dirancang agar cukup mudah, ada beberapa kesempatan di mana kami menemui masalah yang membuat frustrasi. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini di bagian “Fitur & Desain” berikut.

Selain itu, ada juga beberapa masalah pelapisan kecil dengan beberapa cetakan kami (seperti yang akan Anda lihat nanti di bagian “Cetakan Pertama” dari ulasan kami) yang ditetapkan untuk mencetak dalam mode Detail Tinggi. Di luar kesulitan dengan perubahan filamen dan masalah kualitas cetak sporadis dengan bahan-bahan tertentu, kami tidak punya keraguan lain dengan LulzBot Mini 2.

Fitur dan Desain LulzBot Mini 2
LulzBot Mini 2 memiliki print bed yang lebih besar sekitar 20% dari pendahulunya, Mini 2 memiliki ukuran : 160mm x 160mm x 180mm dari sebelumnya 152mm x 152mm x 158mm. Perbaikan lain yang dilakukan pada Mini 2 adalah pada mesin Einsy RAMBo dengan driver motor stepper 2130 Trinamic, yang mampu bekerja secara efektif dan senyap selama beroperasi.

LulzBot Mini 2 yang baru dirancang dengan sumbu Z yang digerakkan oleh sabuk yang mampu meningkatkan kecepatan cetak dan perataan lapisan yang akurat tanpa mengorbankan resolusi cetak. Selain itu, Aleph Objects telah memutuskan untuk melengkapi Mini baru dengan seluruh jajaran aksesoris kelas atas yang sebelumnya tersedia sebagai add-ons terpisah. Termasuk Aerostruder Tool Head yang dirancang disekitar E3D Titan Aero hot end extruder, yang menawarkan jalur filamen yang lebih terarah untuk meningkatkan kompatibilitas dengan filamen fleksibel Secara keseluruhan, LulzBot Mini 2 berhasil mempertahankan desain kompak pendahulunya dan juga menawarkan lebih banyak fitur dan fungsionalitas yang ditingkatkan.

Kelebihan dan kekurangan LulzBot Mini 2
Kelebihan
Printer 3D kuda kerja yang sangat andal
Desain yang kompak dan kokoh
Volume build lebih besar dibandingkan pendahulunya
Kemampuan mencetak cepat
Siap-cetak langsung dari kotak
Mampu menangani bahan canggih (TPU, PLA Eksotis, ABS, dll)
Antarmuka pengguna yang intuitif
Leveling print area otomatis

Kekurangan
Masalah yang terjadi pada saat perubahan ekstruder/filamen
Kualitas cetak bervariasi tergantung pada bahan
Relatif mahal
Volume build terbatas

Harga Printer 3D LulzBot Mini 2
LulzBot Mini 2 dibanderol dengan harga $1,500. Di Amazon printer 3D ini dibanderol dengan harga $1,485.00 belum termasuk ongkos kirim. Dalam paket pembelian disertakan juga seperangkat dengan tools yang sangat berguna.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *