12 Agustus 2020

Instamsys Funmat HT, Printer 3D Berkinerja Tinggi

Funmat HT 3D printer adalah printer 3D yang diproduksi oleh Intamsys, sebuah pabrikan printer 3D yang berbasis di Shanghai, China. INTAMSYS sendiri merupakan singkatan dari INTelligent Additive Manufacturing SYStems, yang memiliki pengertian produsen printer 3D kelas industri dan penyedia solusi manufaktur berbahan aditif PEEK yang fungsional dan berkinerja tinggi. Funmat HT merupakan printer 3D berkinerja tinggi yang dapat bekerja pada suhu tinggi dengan hasil yang memuaskan. Funmat HT menggunakan mesin yang dirancang dengan cerdas dan dibangun dengan material yang kokoh. Printer 3D Funmat HT masuk ke pasaran dengan harga $ 6.000 yang relatif masuk akal.

Printer 3D Funmat HT ini menawarkan banyak fitur desain yang praktis serta alat-alat penting yang dapat memastikan keberhasilan pencetakan dari berbagai tingkatan material (filament) yang digunakan, seperti: PEEK, PEI, PPSU, dan ULTEM. Namun, agak disayangkan karena Funmat HT tidak dilengkapi dengan fitur yang mampu memantau alur kerja yang lebih menarik seperti kamera built-in untuk memantau cetakan dan antrian cetak serta konektivitas melalui WiFi.

Pencetakan dengan menggunakan material PEEK adalah sebuah kegiatan yang menantang. Dimana sektor ini telah lama didominasi oleh perushaan besar yang sudah lama berkecimpung dibidang pencetakan 3 dimensi, seperti AON3D dan Stratasys. Namun produsen printer 3D semisal Intamsys berusaha mengubah keadaan dengan memproduksi printer 3D dengan spesifikasi yang mengesankan tapi dengan harga yang sangat bersaing (lebih murah). Berikut akan coba diuraikan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh printer 3D Funmat HT dari Instamsys.

  1. Rangka Logam. Rangka logam yang digunakan pada printer 3D Funmat HT medukung pengoperasian mesin pada suhu ekstrim dikisaran 450 °C yang merupakan lingkungan ideal bagi proses pencetakan berbahan filament PEEK, ULTEM dan sejenisnya. Fumnat HT memiliki area bangun yang tertutup dan terisolasi sepenuhnya, fitur ini untuk memastikan semua lapisan saling menempel dan hasil cetak selesai tanpa hambatan. Build area memiliki dua pemanas yang harus dijaga pada suhu 90 °C secara merata dan konsisten di seluruh ruang.
  2. Print bed yang senantiasa terjaga suhunya. Dengan print bed yang suhu panasnya terjaga (hingga 160 °C) akan menjadikan objek yang sedang dibangun diatasnya mudah untuk dilepaskan/diambil sehingga objek tidak akan mengalami pelengkungan, kriting dan pemisahan lapisan yang tidak diharapkan. Funmat HT juga memiliki print bed cetak magnetik yang masuk dan keluar untuk memudahkan pengeluaran hasil cetakan.
  3. Ruang filament cerdas dan sistem deteksi. Saat mencetak dengan filamen mahal dan sensitif terhadap udara, penting untuk membuatnya bebas lembab. Funmat HT hadir dengan ruang filamen terpisah untuk mencoba melindungi bahan-bahan berharga dari molekul air di udara yang dapat menyebabkan kerusakan pada filament. Funmat HT juga dilengkapi dengan sistem deteksi yang mampu memberi peringatan kepada pengguna, jika filamen yang digunakan hampir habis atau sudah habis sehingga pengguna dapat menggantinya dan melanjutkan proses pencetakan.
  4. Layar sentuh sensitif. Funmat HT dilengkapi dengan layar sentuh yang informatif dan sensitif yang tetap berfungsi bahkan ketika pengguna menggunakan sarung tangan tahan panas – khususnya berguna untuk mencegah luka bakar yang tidak disengaja.
  5. Unit catu daya cadangan. Fitur penting untuk setiap mesin kelas industri adalah alat daya cadangan sehingga ketika lampu mati, hasil cetak Anda tidak perlu ikut serta. Intamsys mengatakan printer ini akan menyimpan cetakan Anda sebelum mematikan dan memindahkan extruder ke posisi netral. Ketika daya kembali, itu akan melanjutkan cetak dan melanjutkan seperti tidak ada hal buruk yang terjadi.

Spesifikasi printer 3D Funmat HT

Spesifikasi umum
Technology: FFF
Type: Material extrusion
Year: 2018
Assembly: Assembled
Mechanical arrangement: Cartesian
Manufacturer: Intamsys

Propertis pirnter 3D
Build volume: 260 x 260 x 260 mm
Extruder type: Single
Nozzle size: 0.4 mm
Max. extruder temperature: 450°C
Heated bed: Yes
Print chamber: Fully enclosed
Max platform temperature: 160°C
Chamber temperature: 90°C
Bed leveling: Auto
Print bed: Aluminium plate and high boroscilicate glass
Display: Touchscreen compatible with heat-safe gloves
Connectivity: SD card, USB
Built-in camera for monitoring: No
Print recovery: Yes
Filament sensor: Yes
Print pause: Yes

Material
Filameter diameter: 1.75 mm
Third party filaments: Yes
Materials: PEEK, Carbon Fiber-filled metal, PLA, ASA, PETG, etc.

Software Requirements
Recommended slicer: Intamsuite, Cura
Operating systems: Windows, Mac, Linux

Dimensi dan Berat
Box dimensions: 635 x 737 x 889 mm
Outer dimensions: 538 x 498 x 650 mm
Weight: 76 kg (167 lb)

Source: intamsys.com

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *