Harga Formslab form2

Harga Formlabs Form 2 Yang Tinggi Sebanding Dengan Kualitas Objek Yang Dihasilkan

Printer 3d Formlabs Form 2 merupakan printer produksi FormLabs berbasis Stereolithography (SLA) yang menggunakan laser untuk membangun bagian isotropik padat dari resin photopolymer cair. Printer ini mampu menghasilkan objek 3 dimensi dengan presisi yang tinggi dan tekstur model yang halus. Harga FormLabs Form 2 lumayan tinggi karena menggunakan teknologi terdepan dibidangnya.

  • Kelebihan :
    Performa cetak superior
    Fitur yang sangat mudah digunakan
    Perangkat lunak yang sederhana namun canggih
    Mendukung berbagai macam material/filamen
    Kapasitas cetak besar
  • Kekurangan :
    Mahal
    Penggunaan resin yang perlu pengangan ekstra

Pengenalan Printer 3D Formlabs Form 2

Pada tahun 2013, startup yang kurang dikenal dengan nama Formlabs membuat lompatan besar di Kickstarter dengan merilis printer 3D baru yang inovatif. Pada saat itu, printer ini (disebut The Form 1) adalah salah satu printer pertama yang berorientasi konsumen yang pernah dikenal dunia – alih-alih membuat objek dengan menyemprotkan plastik cair melalui nosel, ia menggunakan laser untuk membentuk objek dari cairan resin foto-reaktif, dikenal dengan teknik SLA (Stereolithography): laser membentuk resin di dalam tangki untuk membentuk benda dari titik ke titik.

Form 1 berakhir dengan sukses besar di Kickstarter, mengumpulkan hampir $ 3 juta sebelum gelaran promosi berakhir. Sejak itu, perusahaan ini telah berkembang menjadi lebih dari 100 karyawan dan mengumpulkan hampir $ 20 juta modal ventura – dan sekarang hal ini terulang kembali dengan printer baru dan lebih baik.



Fitur dan spesifikasi Formlabs Form 2
Printer 3D Formlabs Form2 adalah benar-benar baru dari pendahulunya, dalam artian Form2 bukan hanya peningkatan kecil dari Form 1+ namun perombakan tota. Formlabs pada dasarnya telah mempelajari semua kekurangan yang ada pada printer generasi pertama dan secara sistematis melakukan penanganan melalui serangkaian perubahan desain.

Formlabs Form2 memiliki area pencetakan berukuran 5,7 × 5,7 × 6,9 inci, yang berarti Form 2 memiliki area cetak objek sekitar 40 persen lebih besar dari pendahulunya, Form 1+. Disamping itu juga, Form2 memiliki proses pembuatan objek 3D yang lebih cepat beriksar 30% – 40% daripada generasi pertama, peningkatan kecepatan ini berasal dari mesin laser mesin yang lebih kuat, yang mampu memadatkan resin photopolymer sekitar 50 persen lebih cepat. Tingkat presisi dari mesin laser yang lebih ditingkatkan lagi.

Mengapa mesin laser yang 50% lebih kuat hanya mampu meningkatkan proses pencetakan 30% – 40% ? Ternyata hal ini dikarenakan Formlabs juga mengubah proses pencetakannya. Dimana setelah setiap layer baru dibuat, Form 2 melakukan “slide peel” untuk melepaskan lapisan yang baru terbentuk dari alas cetak, dan kemudian menjalankan bilah penghapus melalui nampan resin untuk menghilangkan partikel yang mengeras yang mungkin tertinggal. Meskipun hal ini membuat printer sedikit lebih lambat dari yang seharusnya, namun secara dramatis hal ini dapat mengurangi kesalahan pencetakan.

Form 2 memiliki antarmuka yang dapat diakses dengan mudah, sehingga tingkat kemudahan penggunaan printer 3D ini jauh mengungguli pendahulunya. Jika pada Form 1+ untuk mengubah pengaturan (setting), pengguna harus menghubungkan laptop dan menjalankan perangkat lunak Formlabs PreForm. Dengan Form 2, semuanya dapat dikontrol langsung dari layar sentuh langsung di printer-nya. Adanya koneksi Wi-Fi pada printer 3D ini, memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi seluler (mobil apps) yang menyertai Formlabs, mendapatkan notifikasi ketika cetakan dimulai, selesai, atau membutuhkan perhatian.

Pengaturan dan konfigurasi

Terlepas dari kenyataan bahwa Form 2 menciptakan objek dengan cara yang secara fundamental berbeda dari printer 3D berbasis filamen, proses persiapannya bisa dikatakan memiliki rangkaian langkah yang sama.

Langkah pertama adalah memuat bahan cetak. Jika sebelumnya pengguna menuangkan resin lengket ke dalam nampan, tetapi pada Form 2, pengguna cukup mengambil kartrid resin digeser ke dalam slot yang terletak di belakang printer, dan kemudian buka bagian atas untuk memungkinkan aliran udara. Selanjutnya printer 3D Form 2 yang akan melanjutkan proses berikutnya. Langkah kedua adalah leveling. Alat berbentuk cakram khusus memungkinkan Anda untuk menyesuaikan (adjustment) tinggi masing-masing setiap kaki printer. Proses ini akan dipandu oleh layar sentuh pada printer yang menampilkan padanan digital dari tingkat sensor internal untuk memandu Anda melalui proses tersebut.

Secara keseluruhan, proses penyiapan printer 3D Formlabs Form 2 sangat sederhana dan mudah difahami oleh setiap orang.

Kualitas dan Desain Cetakan

Dalam hal desain, Form 2 adalah printer SLA yang paling simpel dan mudah digunakan, Bukan hanya pembaruan minor dan evolusioner dari generasi pertama – namun merupakan perbaikan menyeluruh yang sengaja dirancang untuk mengatasi semua poin utama yang terkait dengan pencetakan SLA.Dalam printer generasi pertama Formlabs, membuat objek yang besar memunculkan sedikit masalah, karena printer harus dihentikan secara berkala dan tangki resinnya diisi ulang. Namun pada Form 2, kartrid yang baru memungkinkan printer untuk mengisi sendiri secara otomatis sesuai kebutuhan.

Antarmuka Pengguna dan Software

Perangkat lunak dan antarmuka layar sentuh Form 2 sangat sederhana,  pengguna akan paling sering menggunakan software PreForm – program slicer/editor milik Formlabs. Secara estetis, tampilannya hampir sama seperti biasanya, tetapi beberapa fitur baru yang tersimpan di dalam program membuatnya lebih maju daripada sebelumnya. Form 2 merupakan satu satu printer paling detail dan paling akurat yang pernah ada. Resolusi sangat bagus, detail halus datang dengan cara yang hanya bisa diimpikan oleh printer FDM.

Harga Formlabs Form2

Salah satu kekurangan Form 2 adalah masalah harga, dimana printer 3D ini memiliki harga yang tidak murah dan akan sulit terjangkau oleh kalangan beginer yang memulai berkecimpung di usaha pencetakan 3D. Harga Formlabs Form 2 adalah $3,200 plus $18,99 untuk biaya pengiriman di Indonesia, sekitar Rp. 45 juta.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *