Ultimaker PVA filament

PVA (Polyvinyl Alcohol), Filament Pendukung Pencetakan 3D

Pengertian PVA (Polyvinyl Alcohol)

PVA adalah singkatan dari polyvinyl alcohol, merupakan material yang larut dalam air. Bahan ini sering digunakan pada printer 3D FDM multi-extruder sebagai material pendukung. Karakteristik menonjol dari filament PVA adalah kemampuannya untuk larut dalam air. Ini berarti tidak ada bekas tersisa pada cetakan setelah bahan pendukung dilepaskan.

Beberapa printer 3D seperti Ultimaker 3 memiliki dua pengekstrusi yang berarti mesin dapat mencetak dengan dua bahan yang berbeda. Pada printer 3D FDM klasik biasanya hanya memiliki satu ekstruder, yang berarti objek yang akan dibangung dengan struktur penopang akan dicetak dari bahan yang sama. Setelah pencetakan selesai, penopang perlu dilepas yang bisa menjadi pekerjaan yang sulit, terutama jika bagian tersebut memiliki geometri yang kompleks.

Ketika struktur penopang dibuat dari bahan yang sama dengan bagian utama objek, masalah umum yang akan muncul adalah struktur penopang yang tersisa di permukaan cetakan seringkali masih tersisa dan harus dihapus secara manual. Dengan PVA masalah ini dapat dihindari, karena PVA merupakan material yang dapat larut dalam air. Karena filamen PVA larut dalam air, ini merupakan pilihan yang cocok sebagai bahan pendukung saat mencetak geometri kompleks, overhang besar dan fitur terperinci pada model.

Filament PVA di Pasaran

PVA Produksi Ultimaker

Ultimaker merilis PVA pada tahun 2016 dan sejak itu orang-orang di seluruh dunia mulai menggunakannya dan hasilnya bagus. Ultimaker merancang PVA-nya untuk bekerja dengan filament PLA, Nylon, dan CPE. Menurut pabrikan, filament PVA ini memiliki nilai biodegradable 100% ; hanya air keran yang diperlukan untuk melarutkan bahan, tanpa bahan kimia tambahan yang dibutuhkan. Bahan PVA Ultimaker juga dikenal memiliki stabilitas termal yang baik.

PVA Ultimaker tersedia dalam gulungan 350g atau 750g dan datang dalam warna “alami” yang mirip dengan filament yang jelas. PVA Ultimaker beroperasi pada suhu cetak 215-225 ° C.

  • Adhesi yang andal untuk PLA, Tough PLA, CPE, dan Nylon
  • Formula tidak beracun larut dalam air keran biasa yang dapat dibuang dengan aman
  • 100% dapat terurai secara hayati tanpa produk sampingan yang berbahaya
  • Stabilitas termal yang baik memberikan ketahanan degradasi yang lebih baik dibandingkan dengan filamen PVA lainnya

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *