filamentPETG

PETG Material Gabungan Keunggulan PLA dan ABS

Filamen untuk pembuatan objek pada printer 3D telah menjadi produk yang memegang peranan penting dalam indsutri ini. Dengan kemajuan teknologi, pencarian dan penyempurnaan material yang lebih baik dari yang sudah ada terus dilakukan. Adalah PETG yang merupakan singkatan dari Polyethylene Terephthalate (with a glycol modification) merupakan salah satu polimer yang paling umum digunakan saat ini. PETG merupakan versi modifikasi dari PET yang ditambahkan Glycol ke komposisi material  selama polimerisasi. Hasilnya adalah filamen yang lebih jelas, tidak rapuh, dan lebih mudah digunakan daripada bentuk dasarnya, PET.

Varian PET

Resinnya bening dan amorf dengan suhu transisi gelas 88 C (190 F). Bahan ini dikenal sebagai Polyethylene Terephthalateco-1,  4-ylclohexylenedimethylene terephthalate. Terdapat banyak varian dari PET, yaitu : PET, PETE, PETP, PET-P, PETG, GPET, PETT. Namun yang paling cocok digunakan adalah untuk aplikasi pencetakan 3D adalah PETG.

PETG digunakan untuk membuat kemasan botol air, kemasan makanan, dan sebagai Sebagai filamen cetak 3D, plastik PETG perpaduan dari keunggulan yang dimiliki oleh PLA dan ABS. Dimana karakteristik filamen ABS memiliki sifat kekakuan dan sifat mekanik untuk bagian fungsional sedangkan filamen FLA adalah kemudahan dalam proses pencetakan. PETG bersifat higroskopik, yang berarti akan secara aktif menyerap uap air dari udara. Untuk alasan ini, plastik PETG harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering, dan dikeringkan jika terkena udara lembab terlalu lama.

Kelebihan PETG (dibadingkan dengan PET)

Jika kita mencari filamen atau material untuk bahan objek 3D di pasaran, akan terdapat lebih banyak PETG daripada PET, hal ini tentu dapat dimaklumi karena kelebihan yang dimilikinya. Berikut adalah kelebihan yang dimiliki PETG :

  • PETG lebih tahan lama
  • Pada saat oveheating, filamen PET akan mudah untuk pudah dan rapuh namun tidak demikian dengan PETG. Glikol yang ditambahkan mampu mencegah bahan mengkristal dan menjadi mudah pecah
  • PETG sangat tahan benturan
  • PETG bisa disterilkan



Manfaat unik filamen PETG untuk pencetakan 3 dimensi

PETG menjadi pilihan banyak orang sebagai material pembuat objek 3 dimensi, karena kelebihan yang dimilikinya. Berikut adalah manfaat yang didapat dari filament PETG:

  • Filamen PETG memiliki reputasi menggabungkan fungsionalitas ABS (lebih kuat, tahan suhu, lebih tahan lama) dan keandalan PLA (mudah dicetak) dalam satu material
  • Lapisan adhesi biasanya sangat baik
  • Mengurangi potensi warping atau penyusutan cetakan Anda
  • Dapat didaur ulang, jika cetakan kita salah

 

Harga PETG untuk pencetakan 3D bervariasi tergantung pada produsen dan seberapa banyak spool yang dijualnya. Namun rata-rata harga filamen PETG berkisar $25 hingga $50.

Bagikan melalui:

2 thoughts on “PETG Material Gabungan Keunggulan PLA dan ABS

  1. Bisa dicari di marketplace, mba? atau ada yang punya informasi mengenai PETG silakan dishare disini.
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *