12 Agustus 2020
filament_Pendukung

Pentingnya Material Pendukung Dalam Pencetakan 3 Dimensi

Dalam proses pencetakan 3 dimensi, khusunya yang menggunakan teknlogi FDM (Fused Deposition Modeling), struktur pendukung diperlukan ketika cetakan memiliki bentuk overhang atau fitur yang menggantung di udara. Pencetakan kompleks semacam ini dapat dilakukan dengan bantuan struktur pendukung untuk menopang area yang menggantung tersebut. Struktur tersebut dibangun dengan filament khusus yang memiliki karekter khusus yang tidak rekat dengan material utama dan mudah dipisahkan. Pada artikel kali ini akan coba dijelaskan mengenai pentingnya material pendukung dalam pencetakan 3 dimensi.

Pengertian Material Pendukung Pencetakan 3D

Material pendukung pada proses pencetakan dengan printer 3D hanyalah bahan yang mendukung pembentukan suatu objek pada proses pencetakan. Biasanya, penggunaan material pendukung ini menggunakan printer 3D yang memiliki ekstruder lebih dari satu (dual extruder atau lebih). Terdapat berbagai pilihan bahan/material pendukung yang ada dipasaran yang memiliki perbedaan disisi : harga, kemudahan penggunaan, dan kualitas cetak. Sehingga pemilihan bahan pendukung yang tepat untuk model kita akan membuat pengalaman pencetakan kita jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Pilihan Material Pendukung

Terdapat beberapa pilihan material pendukung yang digunakan pada proses pencetakan, hal ini sangat berkaitan dengan jumlah ekstruder yang digunakan oleh printer 3D. Berikut akan diuraikan mengenai pilihan material pendukung yang cocok digunakan pada proyek pencetakan 3 dimensi kita.

1. Material pendukung yang sama dengan pemebentuk objek

Bahan pendukung paling sederhana dan paling umum digunakan adalah bahan yang sama dengan model yang dibuat. Hal in dikarenakan banyak printer 3D masih merupakan mesin ekstruder tunggal yang hanya mampu mencetak dengan menggunakan satu bahan pada satu waktu, sehingga penggunaan bahan pendukung khusus menjadi tidak mungkin. Penggunaan material sejenis terdapat plus minusnya :

  • Kelebihan : penghematan cost material, karena tidak dibutuhkan material khusus yang harus dibeli.
  • Kekurangan: perapihan pasca proses pencetakan memakan waktu yang lama dan hasil cetakan cenderung kurang rapi.

2. Material pendukung pengelupasan cepat

Bahan pendukung jenis ini seringkali disebut sebagai ‘Breakaway Support Material‘, bekerja dimana struktur penopang dicetak berbarengan pada struktur objek yang dibentuk. Tetapi karena bahannya berbeda, maka struktur penopang ini dapat terpisah lebih mudah untuk dihilangkan dan akan meninggalkan banyak permukaan yang lebih bersih (gambar di atas). Plus minus penggunaan material tipe ini :

  • Kelebihan : Penghapusan cepat dan bersih
  • Kekurangan : Kompatibilitas material harus diperhatikan lebih detail dan hanya bekerja pada printer 3D multi-extruder

3. Material pendukung cepat larut

Material pendukung yang meiliki sifat cepat larut akan memberikan kualitas permukaan terbaik untuk objek hasi proses cetak. Filament ini tidak membutuhkan penghapusan manual, struktur penyangga akan terlarut dengan sendirinya di dalam pelarut dengan meninggalkan permukaan yang bersih dan tidak rusak.

Namun, ada harga yang harus dibayar. Selain lebih mahal, bahan pendukung yang larut biasanya lebih sulit dikelola. Bahan larut air yang paling umum adalah PVA, sangat higroskopis, yang berarti terdegradasi dengan kelembaban. Penyimpanan filament yang tepat adalah suatu keharusan. Kompatibilitas material juga menjadi perhatian, karena tidak ada satu pun bahan yang larut bekerja dengan baik dengan semua material/filament. Jika PVA tidak berfungsi, maka alternatif seperti HIPS akan sering membutuhkan bahan kimia jahat untuk larut, yang kurang dari ideal.

Plus minus dari bahan pendukung cepat larut :
Plus:
     Menghasilkan permukaan objek yang halus
     Dapat mendukung struktur kompleks (struktur internal, bagian yang bergerak)

Minus:
     Kompatibilitas materi merupakan pertimbangan
     Penyimpanan material bisa merepotkan
     Waktu larutnya lama
     Hanya berfungsi pada printer 3D multi-extruder

Source : www.all3dp.com

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *