Filament Polycarbonate

Mengenal Filament Polycarbonate (PC)

Filament Polycarbonate (PC), dikenal sebagai material yang sangat awet dan tahan terhadap benturan fisik dan paparan panas, mampu menahan suhu hingga 110 ° C. Yang menariknya lagi, Polycarbonate (PC) dapat berwarna transparan, yang dapat diaplikasikan untuk beragam barang komersial seperti kaca anti peluru, masker scuba, dan layar tampilan elektronik.

Struktur Polycarbonate (PC)

Polycarbonate mendapatkan namanya karena struktur polimer yang menyusunnya mengandung gugus karbonat (−O− (C = O) −O−). Keseimbangan fitur ini ternyata mampu membentuk material yang resisten terhadap suhu tinggi, tahan benturan dan sifat optik, dan memposisikan polikarbonat sebagai material antara plastik komoditas dan plastik rekayasa. Meskipun pada aplikasinya, mirip dengan material akrilik atau kaca plexi, yang pecah atau retak karena stres atau benturan, Polycarbonate (PC) cukup fleksibel (meskipun tidak sefleksible nilon), memungkinkannya untuk menekuk sampai akhirnya berubah bentuk. Kemampuan ini sangat berguna untuk membetuk PC menjadi objek yang membutuhkan kelengkungan atau daya tekuk yang tinggi.

Properti Filament Polycarbonate (PC)

Filament printer 3D Polycarbonate bersifat higroskopis, mampu menyerap air dari udara, sehingga kita harus menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering untuk memastikan kualitas cetakan yang lebih baik. Berikut adalah properti filament Polycarbonate :

  • Kekuatan: Sangat Tinggi | Fleksibilitas: Sedang | Daya tahan: Sangat Tinggi
  • Kesulitan menggunakan: Sedang
  • Suhu cetak: 270 ° C – 310 ° C
  • Suhu print bed : 90 ° C – 110 ° C
  • Penyusutan / warping: Cukup besar
  • Larut: Tidak
  • Keamanan pangan: Tidak aman untuk makanan

Karena sifat fisiknya, PC adalah filamen printer 3D yang ideal untuk bagian yang perlu mempertahankan kekuatan, ketangguhan, dan bentuknya di lingkungan bersuhu tinggi, seperti komponen listrik, mekanik, atau otomotif. Coba juga untuk memanfaatkan kejernihan optisnya dalam proyek pencahayaan atau untuk layar.

Harga Filament Polycarbonate

Harga filament Polycarbonate cukup beragam, kita bisa dapatkan informasinya di market place terpercaya. Namun semakin tipis presisi filament, maka harganya akan semakin tiggi. Dari pantauan terakhir di situs amazon.com, didapatkan informasi harga filament Polycarbonate dengan akurasi 0.03mm didapat dengan harga $48.99 sedangkan untuk akurasi 1.75mm bisa ditebus dengan harga $29.95.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *