12 Agustus 2020
Extruder Komponen Printer 3D

Extruder, Komponen Printer 3D Pengekstrusi Filament

Extruder, dikenal juga sebagai print head bertugas untuk mengekstrusi filament dan meletakannya di print bed. Extruder dapat dibagi menjadi dua bagian. Satu disebut ujung dingin (cold end) sementara yang lain dikenal sebagai ujung panas (hot end).

Extruder, Komponen printer 3D pengekstrusi filament
Komponen printer 3D : Extruder. Source :  matterhackers.com

Fungsi dari cold end adalah untuk mengunci filament sambil mendorongnya secara perlahan ke bawah ke menuju hot end. Hot end dilengkapi dengan nozel yang melekat pada ujungnya, fungsinya untuk melelhakn filament dan mempertahankan suhu tinggi lebih besar dari titik leleh filament. Hot end melelehkan filament yang selanjutnya disimpan di tempat print bed.

Secara garis besar, extruder terdiri dari beberapa bagian yang berbeda, yaiut :

  • Filament Drive Gear. Juga dikenal sebagai extruder drive gear bertanggung jawab untuk mendorong filamen ke ujung yang panas (hot end).
  • Heat Sink. Pendingin berperan untuk memastikan bahwa material masih dalam keadaan padat sampai mencapai nozel, bagian ini bekerja bersama dengan kipas pendingin.
  • Heater Cartridge. Komponen yang berfungsi untuk memanaskan filament.
  • Thermocouple. Sejenis sensor temperatur/suhu yang bertugas untuk mempertahankan suhu yang tepat. Menjadi bagian dari hot end.
  • Kipas Pendingin (Cooling Fan). Setelah filament leleh diendapkan di print bed, maka filament tersebut harus didinginkan untuk pengaturan sebelum lapisan berikutnya diendapkan. Tugas kipas pendingin adalah memastikan hal yang sama.
  • Nozzle: Merupakan ujung dari extruder. Filament dilelehkan dan keluar dari nosel (nozzle) untuk proses pengendapan. Ada berbagai ukuran nozel yang digunakan printer 3D. Biasanya nozel berukuran 0,4 mm adalah yang paling umum. Dengan menjaga diameter nosel yang lebih kecil, pengguan dapat mencapai detail yang lebih halus dengan akurasi yang lebih besar. Dan, nozzle yang lebih besar membantu mencetak dengan kecepatan lebih tinggi.

Saat ini di pasaran terdapat beberapa printer 3D yang dilengkapi dengan dual extruder (extruder ganda). Dengan ekstruder ganda, pengguna dapat mencetak secara bersamaan dengan dua filamen yang berbeda. Extruders ganda memiliki dua jenis pengaturan. Baik nozel dimasukkan dalam satu kepala cetak atau terhubung dengan dua kepala cetak yang berbeda.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *