Brand Filament PLA Terbaik Di Pasaran Tahun 2020

Tanpa diragukan lagi PLA (Polylactic Acid) adalah material/filamenet paling populer yang digunakan dalam pencetakan 3D berteknologi Fused Deposition Modeling (FDM). Dengan kakteristik yang mudah digunakan, aman, harga terjangkau, dan memiliki sifat material yang luar biasa, penggunaan filament PLA menyebar dalam berbagai aplikasi, dan tersedia dalam beragam komposisi dan warna.

Dari berbagai produk PLA yang beredar dipasaran saat ini, pengguna memiliki kesempatan untuk memilih dan menggunakan filament yang dibuat oleh produsen yang dapat diandalkan dan berkualitas baik. Sebagai pengguna, kita tidak ingin memilih filament dengah harga murah akan memberi hasil cetak yang buruk, dan kita juga tidak ingin membeli filament mahal ketika yang lebih murah sama bagusnya.

PLA HatchBox

Hatchbox adalah produsen filament berbasis di AS yang menawarkan filament PLA berkualitas baik dengan harga yang wajar, menjadikannya filamen harian yang sempurna untuk segala hal.

Hatchbox dengan cepat naik menjadi penjual filamen nomor 1 di Amazon, dengan ribuan ulasan pengguna yang puas. Filamen Hatchbox PLA adalah perpaduan antara bioplastik dan polimer, yang memiliki karakteristik yang halus dengan jejak CO2 yang minim. Selain itu, filamennya menggabungkan semua yang Anda cari dalam PLA: Toleransi material bagus, warna cerah, fleksibel, namun kuat dan resolusi detailnya luar biasa.

PLA Prusament

Prusa dikenal sebagai produsen printer 3D bekualitas yang telah diakui kehandalannya. Salah satu produk fenomenal dari perusahaan ini adalah Prusa i3 MK3 yang menjadi acuan berbagai pabrikan printer 3D. Namun perusahaan asal Ceko ini juga memproduksi filament yang digunakan di printer besutannya itu. Filament Prusa menggunakan tagline Affordable filament for everyday printing in premium quality”.

Kualitas filament Prusa dicapai dengan pengujian yang menyeluruh. Sebagai bahan dasar, Prusa menggunakan resin Natureworks, yang merupakan salah satu bahan terbaik dan paling banyak digunakan dalam pencetakan 3D. Selain itu, faktor presisi adalah faktor pembeda, mengingat sebagian besar filament mereka memiliki ketelitian 0,02 mm, dibandingkan dengan standar 0,05 mm. Sebagai jaminan kontrol kualitas, pelanggan dapat memeriksa parameter pengujian setiap spool filamen dengan memindai kode QR pada produk dan membaca detailnya secara online. Prusament PLA tersedia dalam diameter 1,75 mm dan banyak warna berbeda dan cerah.

PLA Amolen

Amolen merupakan pabrikan filamen yang berbasis di China, perusahaan ini menawarkan PLA dalam berbagai warna, dan juga komposit yang lebih unik.

Mulai tahun 2017, pabrikan filamen yang berbasis di Shenzhen ini telah memenangkan reputasinya karena gulungannya yang terjangkau. Tersedia dalam diameter 1,75 mm, pelanggan dapat memilih antara 0,5 atau 1 kg gulungan.
Kelemahannya, spool datang dalam kantong plastik yang tidak dapat ditutup kembali, yang berarti pengguna akan membutuhkan solusi alternatif untuk menjaga filament dari kelembaban.

PLA Polymaker PolyMax

Polymaker dimulai di Shanghai, Cina, dan dengan cepat menjadi salah satu perusahaan filamen 3D yang terkenal. Menurut situs webnya, PLA PolyMax mereka memiliki ketahanan dampak di lingkungan sekitar sembilan kali lipat dari filamen PLA yang lebih teratur.

Menjadikannya lebih keras daripada ABS sambil tetap mempertahankan atribut PLA yang mudah dicetak. Tetapi sebagai PLA, ia tidak memiliki masalah lengkung atau asap beracun, dan bahkan dapat terurai secara hayati. PolyMax menunjukkan hampir tidak ada merangkai dan meyakinkan dengan kinerja yang solid pada overhang dan jembatan. Polymaker PolyMax PLA tersedia dalam diameter 1,75 dan 2,85 mm dan dilengkapi dengan gulungan 0,5, 1, atau 2 kilogram. Seperti yang Anda harapkan dari filamen PLA dengan kualitas ini, ini bukan yang termurah. Tapi sekali lagi, PLA PolyMax adalah hal yang bisa Anda dapatkan untuk ABS tanpa benar-benar membeli ABS.

PLA Proto Pasta

Proto-pasta diluncurkan setelah kampanye Kickstarter yang sukses pada 2013 dan sekarang menjadi produsen filamen yang mapan, mendapatkan popularitas luas karena kualitas super tinggi dan toleransi yang dapat diandalkan. Proto-pasta adalah filament oleh pembuat, untuk pembuat. Faktanya, tim Proto-pasta telah sangat berfokus pada kualitas bahan selama beberapa tahun terakhir sehingga mereka baru saja merilis filament yang menyenangkan secara estetika. Tetapi sekarang, mereka memiliki filament eksotis seperti filamen Kopi Aromatik HT-PLA. Dan ya, baunya seperti kopi yang baru ditumbuk.

Filamen mereka agak mahal, tapi kualitasnya cocok. HT-PLA khusus perusahaan ini menawarkan kemudahan pencetakan yang serupa dengan PLA standar, tetapi juga dapat dipanaskan untuk menambah stabilitas dan kekuatan, untuk mempertahankan bentuk pada suhu mendekati 200 ° C, dibandingkan dengan suhu leleh rata-rata PLA sekitar 50 ° C. Versi terbaru dari HT-PLA adalah hasil dari penyempurnaan dan umpan balik pengguna selama tiga tahun. Fakta menyenangkan: nama Proto-pasta berasal dari bentuk filamen seperti pasta.

Source: all3dp.com

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *