12 Agustus 2020
sukses_mulaiusaha

Bagaimana Memulai Usaha Pencetakan 3D Yang Sukses

Di Indonesia, bisnis dibidang pencetakan 3D mulai menggeliat walaupun tidak seramai seperti di negara lain yang lebih maju, yang telah menggunakan pencetakan 3D dalam berbagai sektor, misalnya industri otomotif, kedokteran, proyek luar angkasa, pendidikan, bahkan sektor makanan. Sebenarnya hampir semua sektor bisa dijangkau dengan pencetakan 3D ini, terutama dalam hal pembuatan prototipe sebelum sebuah model menjadi benar-benar dibuat aslinya. Bahkan dalam kasus tertentu, pencetakan 3D menghasilkan benda yang dapat langsung digunakan, bergantung pada material dan tujuan perancangannya.

Ada beberapa kiat/tips dalam memulai usaha di bidang pencetakan 3D seperti yang dikemukakan oleh sculpteo.com.

1. Berinovasi Dan Pengulangan Dengan Pencetakan 3D

Inovasi dan kreativitas adalah lkitasan bagi industri percetakan 3D dan merupakan jantung dari proyek kita. Ada juga kunci lain yang terlupakan, yaitu: iterasi (pengulangan). Saat merancang prototipe, penting untuk mempertimbangkan beberapa versi dan iterasi objek kita sebelum memulai produksi. Memang, prototipe yang cepat adalah bagian dari keuntungan terbesar dari pencetakan 3D.

Dengan berinovasi dan melakukan pengulangan (modifikasi terhadap model yang sudah ada) menjadikan produk kita akan semakin mendekati kebutuhan pelanggan kita.

2. Memproduksi Model Dengan Jumlah Yang Tepat

Setelah kita membuat prototipe dan mendesain produk kita, sekarang saatnya untuk masuk ke produksi. Produksi tentu saja merupakan salah satu langkah paling menentukan dari proyek kita. Proses produksi memiliki harga yang mahal, membuat stres, dan dapat mengarah pada kesuksesan atau kegagalan bisnis kita. Produksi sering dipercayakan kepada produsen industri di mana kita memiliki sedikit kontrol.
Memproduksi dalam batch untuk jumlah terbatas pelanggan memungkinkan untuk membatasi biaya dan menambah nilai dengan produk yang dipersonalisasi.

Solusi lain adalah memilih sistem produksi “on-demand” di mana kita menghasilkan bagian yang kita butuhkan ketika pelanggan memesan. Dengan pencetakan 3D, waktu produksi sangat singkat dan biayanya tetap sama.




3. Ubah Produk Menjadi Layanan Tambahan Dengan Pencetakan 3D

Pencetakan 3D memiliki keunggulan untuk menawarkan nilai-nilai hebat bagi bisnis kita: konsepsi dan prototipe cepat, produktivitas yang ditingkatkan, waktu produksi yang sangat cepat. Nilai lain yang tidak selalu dipertimbangkan adalah kemungkinan untuk mengubah produk kita menjadi layanan berkat teknologi pencetakan 3D. Dari data pelanggan kita, kita dapat membuat barang yang unik dan terpersonalisasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Konsep ini adalah kustomisasi massal. Hal ini dapat menghasilkan ide bisnis pencetakan 3D yang menakjubkan.

Manfaat ini dapat diperluas ke seluruh industri. Membuat perangkat medis khusus yang sesuai dengan kebutuhan pasien adalah keuntungan yang berharga baik untuk profesional maupun pasien. Ini mengurangi upaya dan waktu tindakan bedah atau medis. kita akan dapat membuat model 3D yang disesuaikan dengan anatomi pasien, yang tidak mungkin dilakukan dengan manufaktur tradisional. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat pencetakan 3D dalam industri medis, kita dapat mengunjungi halaman aplikasi khusus kami.

Apa pun bisa menjadi tangki cetak 3D untuk berbagai bahan cetak 3D yang tersedia di pasar pencetakan 3D. Printer 3D kini dapat membuat model cetak 3D dalam berbagai jenis resin, plastik, atau bahkan logam.

4. Pikirkan Masa Pakai Produk Kita

Setelah kita merilis produk kita, tahapan berikutnya adalah meningkatkan produk kita dari umpan balik pelanggan kita. Sangat penting untuk memastikan bahwa produk kita sesuai dengan harapan mereka. Dengan pencetakan 3D, kita dapat mengulang dan memodifikasi desain di antara setiap kelompok. Sangat mudah bagi desainer 3D untuk mengedit file 3D melalui perangkat lunak pemodelan dan mencetak batch baru.

Aspek lain yang penting untuk dipikirkan adalah masa pakai suatu produk, bagaimana produk itu akan “kuno” dan bagaimana kita akan menyediakan suku cadang untuk layanan purna jual. Teknologi pencetakan 3D sekali lagi adalah solusi untuk masalah ini karena kita dapat setiap saat mencetak suku cadang 3D dari desain model 3D asli tanpa menambahkan biaya besar.

Source : sculpteo.com
Bagikan melalui: